Fotografi Konservasi (FOKA)

Fotografi Konservasi (FOKA)

Himakova mempunyai suatu kelompok pemerhati yang fokus kepada fotografi, videografi, dan sinmatografi konservasi alam yakni, Fotografi Konservasi (FOKA). Fotografi Konservasi ini merupakan bentuk kegiatan fotografi di bidang konservasi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan FOKA di dalam Himakova adalah mencari data berupa foto dan video serta mengabadikan kegiatan lapang Himakova.

Pada awalnya, FOKA dirintis oleh Fotografi Gua – KPG pada tahun 1999. Kemudian pada tahun 2001 dibentuklah kelompok Fotografi KSH. Hingga akhirnya nama itu diubah menjadi Fotografi Konservasi. Penggantian nama tersebut dikarenakan konservasi mempunyai arti yang lebih luas yang tidak hanya berada dalam lingkup konservasi sumberdaya hutan saja, tetapi juga mencakup konservasi alam serta potret sosial budaya masyarakat yang hidup berdampingan dengan alam.

Kegiatan

Kegiatan FOKA tidak hanya sekedar mengambil gambar atau video, tetapi juga penyusunan semua hasil dokumentasi FOKA yang akan dijadikan media belajar masyarakat seperti film dokumenter, photobook, dan infografis. FOKA juga memiliki akun media sosial instagram yang menampilkan beberapa hasil karya anggota FOKA yang dapat dikunjungi pada tombol dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *