Profil Himakova

 

Himakova (Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata) berada dibawah Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor. Himakova adalah sebuah organisasi profesi yang bergerak dalam bidang konservasi sumberdaya hutan, ekowisata, dan lingkungan. HIMAKOVA berdiri pada tanggal 12 September 1985.

Himakova terdiri dari 6 Biro dan 8 Kelompok Pemerhati. Biro yang berada dalam Himakova terdiri dari Biro PSDM, Biro Kewirausahaan, Biro Kesekretariatan, Biro Informasi dan Komunikasi, Biro Kekeluargaan, serta Biro Sosial dan Lingkungan. Kelompok Pemerhati yang berada di Himakova diantaranya Kelompok Pemerhati Mamalia ‘Tarsius’, Kelompok Pemerhati Burung ‘Perenjak’, Kelompok Pemerhati Herpetofauna ‘Python’, Kelompok Pemerhati Kupu-Kupu ‘Sarpedon’, Kelompok Pemerhati Flora ‘Rafflesia’, Kelompok Pemerhati Gua ‘Hira’, Kelompok Pemerhati Ekowisata ‘Tapak’, dan Fotografi Konservasi.

Himakova memiliki beberapa program kerja unggulan diantaranya Gebyar Himakova, Kampus Biodiversitas, Expo Himakova, Ekspedisi Eksplorasi Fauna, Flora, dan Ekowisata Indonesia (Rafflesia), Ekspedisi Studi Konservasi Lingkungan (Surili), Kampus Biodiversitas, serta Seminar Nasional Hasil Ekspedisi Himakova.

Prestasi Himakova

Administrasi Terbaik di Fahutan dan Sekretariat Terbaik di IPB (Tahun 2013)

Himpunan Profesi Terbaik di IPB (Tahun 2014)

Penghargaan Institut Prestasi Nusantara (MURI) atas Rekor Studi Konservasi Lingkungan oleh Mahasiswa secara berkelanjutan terlama (Tahun 2015)

Deklarasi Kampus IPB sebagai Kampus Biodiversitas oleh Rektor IPB (Tahun 2016)

Juara I Wanalestari Pemerintah Kabupaten Bogor (Tahun 2019)

Juara II Wanalestari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Tahun 2019)

Alamat Sekretariat

Tangkaran HIMAKOVA berada di lingkungan Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Kampus IPB Darmaga

2 thoughts on “Profil Himakova

  1. assalamuallaikum, saya mau bertanya kak. kalo hubungan antara konservasi sumber daya hutan dengan ekowisata itu sendiri seperti apa?
    dan bagaiaman prospek kerja didalam negeri atau bahkan diluar negeri ? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *