Microhyla sriwijaya, Katak Kecil Bermulut Sempit

Ruang Pemerhati 8: Herpetofauna

Oleh: Kelompok Pemerhati Herpetofauna “Python”

Microhyla sriwijaya merupakan katak jenis baru yang ditemukan oleh tim peneliti herpetologi gabungan antar beberapa institusi yang dikoordinir oleh LIPI. Katak ini yang pertama kali ditemukan pada tahun 2018 dan 2018 di Pulau Belitung dan Lampung.

Microhyla sriwijaya adalah anggota dari kelompok jenis Microhyla achatina yang  berkerabat dengan Microhyla orientalis. Jenis ini merupakan jenis ke-47 dari genus Microhyla yang dikenal di dunia sampai saat ini. Nama jenis “sriwijaya” diambil dari nama kerajaan terbesar di wilayah Melayu pada zamannya yaitu Kerajaan Sriwijaya.

Ciri-ciri yang menonjol pada katak jenis ini yaitu sesuai dengan julukannya yaitu berukuran kecil. Individu jantan Microhyla sriwijaya berukuran 12,3 hingga 15,8 mm, memiliki moncong yang tumpul dan membulat, terdapat tanda corak di punggung berwarna coklat kemerahan atau oranye dengan tuberkel kulit yang menonjol.

Spesimen katak ini telah menjajdi koleksi di Museum Zoologi Bogor.

 

Sumber:

Hamidy A. 2021 Sep 21. Penemuan baru katak kecil bermulut sempit dari Pulau Belitung dan Lampung. [Di akses 2022 Mei 22]. http://lipi.go.id/berita/penemuan-baru-katak-kecil-bermulut-sempit-dari-pulau-belitung-dan-lampung/22504

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.