Kupu-Kupu Ekor Sriti, Si Cantik dari Sulawesi

Ruang Pemerhati 7: Kupu-Kupu

Oleh: Kelompok Pemerhati Kupu-Kupu “Sarpedon”

Graphium androcles (Lepidoptera : Papilionidae) atau yang dikenal sebagai kupu-kupu ekor sriti merupakan salah satu kupu-kupu endemik Indonesia yang dapat ditemukan di Sulawesi (TN Babul dan sekitarnya), Banggai dan Sula (Maluku) (Harlina et al. 2017). Kupu-kupu ini dijadikan sebagai lambang ikon Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sulawesi Selatan. Sayangnya spesies ini bukanlah salah satu kupu-kupu yang dilindungi, namun populasinya di alam berada dalam keadaan terancam punah.

G. androcles dewasa memiliki sayap indah dengan lebar sayap sekitar 80 – 120 mm. Ukuran rentang sayap betina umumnya lebih besar dibandingkan sayap jantan. G. androcles memiliki pangkal sayap atas berwarna hitam dan memiliki dua garis putih halus, sedangkan setengah sayap yang berada dekat tubuh berwarna putih dan memiliki tiga garis hitam lebar. Sayap bawah berwarna putih yang dihiasi dengan tanda hitam berbentuk seperti segitiga di pinggir sayapnya yang bergerigi dan ujung sayap bawah memiliki ekor yang sangat panjang (Ngatimin 2014).

Warna sayap yang indah membuat maraknya pengambilan spesies ini dari alam untuk diperdagangkan menjadi pajangan atau koleksi kering. Selain itu meningkatnya deforestasi mengakibatkan populasinya di alam semakin menurun.

 

Sumber:

Harlina, Basukriadi A, Achmad A, Peggie D. 2017. Graphium androcles boisduval (lepidoptera: papilionidae): evaluation of biological aspect of the pre-adult stadia at Bantimurung, South Sulawesi, Indonesia. Ecology and Environmental Research. 15 (3) : 881-890.

Ngatimin SNA. 2014. A preliminary study of graphium androcles boisduval (lepidoptera : papilionidae) in Bantimurung Bulusaraung National Park, South Sulawesi. SUIJI Annual International Symposium. 2014 Sept 13-15; Makassar, Indonesia. Makassar: Universitas Hasanuddin.