IPB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Oleh: Yayang Adit Fazar Rizki

Lingkungan Hidup sebagai hal yang vital bagi manusia memang patut mendapat perhatian lebih dibanding aspek lainnya. Hal itu dikarenakan lingkungan memiliki dampak yang besar terhadap keberlangsungan hidup manusia. Lingkungan yang baik dan sehat tentu akan memberi dampak yang positif untuk manusia, begitu juga sebaliknya.

World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global untuk mengambil tindakan positif dalam melindungi alam dan planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB.  PBB menggelar konferensi lingkungan hidup yang pertama pada 1972. Konferensi tersebut digelar di Stockholm, Swedia, pada tanggal 5-16 Juni tahun 1972. Adapun negara pengusul pertama diadakannya Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah Jepang dan Senegal. Konferensi tersebut menghasilkan kesepakatan yang disebut Deklarasi Stockholm. Deklarasi Stockholm mengandung berbagai prinsip yang harus digunakan dalam mengelola lingkungan hidup di masa depan melalui penerapan lingkungan internasional.

Pakistan menjadi negara tuan rumah pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021. Tema yang diusung yakni ‘Restorasi Ekosistem’ dan fokus pada pengaturan ulang hubungan manusia dengan alam. Restorasi ekosistem dapat mengambil banyak bentuk: Menanam pohon, menghijaukan kota, membangun kembali kebun, mengubah pola makan atau membersihkan sungai dan pantai.

Restorasi ekosistem berarti membantu pemulihan ekosistem yang telah rusak, serta melestarikan ekosistem yang masih utuh.  Ekosistem yang lebih sehat, dengan keanekaragaman hayati yang lebih kaya, menghasilkan manfaat yang lebih besar seperti tanah yang lebih subur, hasil kayu dan ikan yang lebih besar, dan simpanan gas rumah kaca yang lebih besar. Semua jenis ekosistem dapat dipulihkan, termasuk hutan, lahan pertanian, lahan basah, dan lautan.  Inisiatif restorasi dapat diluncurkan oleh hampir semua orang, mulai dari pemerintah dan lembaga pembangunan hingga bisnis, komunitas, dan individu.  Hal itu karena penyebab degradasi sangat banyak dan beragam, serta dapat berdampak pada skala yang berbeda.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga akan menandai peluncuran resmi Dekade Restorasi Ekosistem PBB 2021 – 2030. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengumumkan Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem mengikuti proposal dan resolusi untuk tindakan oleh lebih dari 70 negara.  Ini adalah seruan untuk perlindungan dan kebangkitan ekosistem di seluruh dunia, untuk kepentingan manusia dan alam.  Ini bertujuan untuk menghentikan degradasi ekosistem, dan memulihkannya untuk mencapai tujuan global.  Hanya dengan ekosistem yang sehat kita dapat meningkatkan penghidupan masyarakat, menangkal perubahan iklim, menghentikan runtuhnya keanekaragaman hayati, meningkatkan ketahanan pangan, pasokan air dan mata pencaharian. Program ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali penyerap karbon alami  yang dapat membantu menutup kesenjangan emisi iklim hingga 25% pada tahun 2030.

Dekade PBB berlangsung dari tahun 2021 hingga 2030, yang juga merupakan batas waktu untuk tujuan pembangunan berkelanjutan dan garis waktu yang telah diidentifikasi para ilmuwan sebagai kesempatan terakhir untuk mencegah bencana perubahan iklim.  Dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP) dan Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), Dekade PBB membangun gerakan global yang kuat dan berbasis luas untuk meningkatkan pemulihan dan menempatkan dunia di jalur yang benar untuk pembangunan berkelanjutan.

 

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-5590479/sejarah-hari-lingkungan-hidup-sedunia-diperingati-tiap-5-juni

https://www.genevaenvironmentnetwork.org/world-environment-day/

https://portaljember.pikiran-rakyat.com/wiki-portal/pr-161993844/sejarah-hari-lingkungan-hidup-sedunia-dan-latar-belakang-peringatannya?page=3

http://p3ejawa.menlhk.go.id/article25-sejarah-hari-lingkungan-hidup-sedunia.html

Twibbon Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *