Hari Hutan Sedunia

HARI HUTAN SEDUNIA

Oleh: Ahmad Rizky

Hari Hutan Sedunia (International Day of Forests) ditetapkan oleh PBB dalam resolusi PBB 67/200 pada 21 Desember 2012.  Peringatan International Day of Forests dilaksanakan setiap tanggal 21 Maret dengan tujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia. Hari Hutan Sedunial pada tahun 2022 ini mengangkat tema “Forests and Sustainable Production and Consumption”. 

Hari Hutan sedunia menjadi momentum dan renungan agar terus bersyukur atas anugerah Tuhan yang diberikan kepada kita. Sampai tahun 2020, luas total hutan di dunia pada  adalah 4,06 miliar hektar. Di Indonesia sendiri sampai tahun 2020 menurut Kementerian Lingkungan Hidup luas total lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 95,6 juta ha. Fungsi utama hutan yaitu sebagai penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida. Selain itu banyak manfaat yang hutan berikan baik itu kayu ataupun non kayu, namun sangat disayangkan total luas hutan di dunia maupun di Indonesia terus mengalami penurunan akibat berbagai macam permasalahan seperti alih fungsi lahan, penebangan liar, kebakaran hutan dan masih banyak lagi.

Kita sebagai manusia yang tinggal di bumi tidak akan pernah terlepas dari produk olahan hasil hutan, karena segala hal yang ada di kita berhubungan dengan keberadaan hutan. Air yang kita minum, makanan yang kita makan, obat-obat yang kita konsumsi, rumah yang kita tinggali, dan oksigen yang kita hirup semuanya berhubungan dengan hutan. Hutan menjadi hal yang vital dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab kita untuk tetap menjaga agar kekayaan hutan yang kita miliki ini dapat terus berkelanjuatan. sudah saatnya kita jaga dan kita rawat agar terciptanya produksi berkelanjutan yang dihasilkan hutan sehingga kita bisa hidup dengan damai. Dengan mengusung tema “Forests and Sustainable Production and Consumption” harapanya hutan yang memberikan manfaat kepada kita sampai saat ini akan terus berlanjut hingga masa depan atau dalam kata lain sustainable. Selamat Hari Hutan Sedunia! Semoga hutan tetap lestari dan terus mewarnai bumi!

 

Sumber:

Swikritis’s Blog. 2022. International day of forests 21st march 2022 theme. URL: https://swikblog.com/international-day-of-forests-21st-march-2022-theme/. Diakses pada 20 Maret 2022.

http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6330/capaian-tora-dan-perhutanan-sosial-di-tahun-2021#:~:text=Hasil%20pemantauan%20hutan%20Indonesia%20Tahun,berada%20di%20dalam%20kawasan%20hutan.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/11/172034669/10-negara-dengan-hutan-terluas-di-dunia