Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

HARI BEBAS KANTONG PLASTIK SEDUNIA

Oleh: Muhammad Mezi

3 Juli diperingati sebagai Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia yang bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan usaha pelestarian lingkungan agar bumi lebih sehat dan layak ditempati. Selain itu, peringatan ini dilakukan agar dapat mengatasi permasalah sampah plastik yang semakin meningkat tiap setiap waktunya dan mengajak di berbagai belahan dunia untuk mengambil tindakan terutama dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan bahaya dari kantong plastik.

Terdapat fakta menarik tentang kantong plastik yang perlu kita ketahui, di antaranya: 1). Sampah plastik merupakan salah satu pencemaran yang sudah menjadi bencana global akibat ulah manusia yang selama ini belum dimusnahkan dengan baik. Menurut data, ada sekitar 500 miliar kantong plastik sekali pakai secara global yang berdampak negatif terhadap lingkungan, satwa liar, dan kesehatan manusia. 2). Banyaknya sampah plastik yang digunakan manusia menjadi penyebab utama ketidakseimbangan ekosistem laut. Sekitar 1 spesies mamalia laut telah menelan plastik laut sementara lebih dari 100 spesies burung laut telah memakan artefak plastik. Selain itu, lebih dari 250 spesies telah terjerat dalam plastik. 3). Pencemaranyang terjadi sangat berbahaya karena mengarah pada pengangkutan spesies invasif, yang dapat menyebabkan bencana keanekaragaman hayati. Hal tersebut dapat terjadi karena partikel plastik di lautan mengandung bahan kimia beracun yang dapat dimakan oleh hewan laut, seperti ikan atau hewan laut lainnya. Selanjutnya dampak ini akan sampai ke manusia melalui rantai makanan yang dikonsumsi dari laut.

Bag Free World merupakan pencipta Hari Bebas Kantong Plastik Internasional. Penetapan 3 Juli sebagai Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia merupakan inisiatif untuk tujuan mengatasi masalah kantong plastik sekali pakai di seluruh dunia. Selain itu, peringatan ini juga mempromosikan pelestarian lingkungan dengan mendorong masyarakat untuk menghindari atau setidaknya mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai dan menggantinya dengan alternatif yang ramah lingkungan. Selain mengajak masyarakat untuk turut serta mengurangi sampah plastik, peringatan tersebut juga mengajak masyarakat untuk terus mengedukasi diri tentang bahaya dan bencana yang terkait dengan penggunaan kantong plastik.

 

Sumber:

https://www.merdeka.com/jateng/peristiwa-3-juli-peringatan-hari-bebas-kantong-plastik-sedunia-begini-sejarahnya-kln.html