Wisata Budaya di Desa Sade, Lombok Tengah

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPE Himakova

Deesa Sade, adalah salah satu tempat wajib yang harus kalian kunjungi ketika kalian sedang berwisata ke Lombok Tengah. Desa ini berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ketika kalian berkunjung kesini, maka akan disuguhkan nuansa tradisional yang sangat kental, dilihat dari rumah adatnya, hasil-hasil kerajinan, kain tenun khas Desa Sade, serta tradisi yang masih dipertahankan oleh masyarakat asli Desa Sade sendiri.

sumber foto : lucianancy.com
sumber foto : lucianancy.com

Jika kita melihat kontruksi rumah adat di Desa Sade, bahan pembuatan rumah adat disini berasal dari bahan alami, yakni, tanah liat, sekam padi dan beratap alang-alang.  Rumah adat disini juga dibuat dengan atap yang tidak terlalu tinggi, sehingga kita harus merunduk ketika memasuki rumah ini. Hal tersebut sebagai tanda bahwa sebagai tamu kita harus menghormati sang tuan rumah. Rumah ini juga memiliki tiga anak tangga yang memiliki arti bahwa anak tangga tangga paling atas adalah Tuhan, anak tangga kedua diartikan  sebagi Ibu dan ketiga adalah ayah. Dimana arti yang diberikan adalah kita harus menghormati tiga unsur arti tersebut.

Ternyata terdapat tradisi unik yang masyarakat desa lakukan untuk merawat lantai rumah mereka yaitu dengan mengepel menggunakan kotoran kerbau. Tradisi ini dilakukan untuk mengendapkan debu, juga untuk menghindari nyamuk yang datang ke dalam rumah. Pengepelan lantai dilakukan seminggu dua kali. Jika kalian berkunjung kesini jangan lupa untuk memilih beragam corak kain tenun khas sasak yang sangat cantik sebagai buah tangan untuk sanak sodara di rumah.

sumber foto : insanwisata.com
sumber foto : insanwisata.com

 Kain tenun yang dijual adalah hasil tenunan para perempuan desa Sade. Selain kain tenun, kita juga dapat membeli souvenir unik khas desa Sade seperti gelang dan gantungan kunci. Cara menuju Desa Sade, kita bisa naik kendaraan umum jurusan Mataram-Kuta. Lalu kita juga bisa menggunakan taksi selama 20-30 menit, jika kita berasal dari Bandara Internasional Lombok.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *