WATER FOREST FESTIVAL: PENANAMAN POHON DAN PENEBARAN IKAN

Posted on Posted in Himakova

Picture1 Bogor – 22 Maret 2018 telah dilaksanakan peringatan Hari Hutan dan Air Sedunia dalam salah satu rangkaian kegiatan WATER FOREST FESTIVAL berlokasi di Situ Burung dan Situ Panjang, Kec. Dramaga, Kab. Bogor. Kegiatan tersebut berupa pembersihan sampah di Situ Burung, penanaman dan penebaran bibit ikan di Situ Burung dan Situ Panjang yang berkolaborasi dengan HIMASPER IPB.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara berupa sambutan dari Ketua HIMAKOVA dan HIMASPER yang dilanjut dengan pengarahan teknis kegiatan. Pembersihan sampah di Situ Burung dilakukan dengan menggunakan bantuan perahu boat yang menyisir permukaan situ yang dipenuhi dengan lumut (Cabomba sp) dan tearatai. Populasi jenis tersebut di Situ Burung kian meningkat dan mempengaruhi ekologi situ. Blooming atau melimpahnya tumbuhan air dalam suatu ekosistem perairan dapat memberikan pengaruh lingkungan terhadap keberlanjutan eksistensi makhluk hidup. Penyebaran populasi Cabomba sp yang menutupi permukaan situ menyebabkan berkurangngnya aliran perairan, menurunkan tingkat penyerapan cahaya di perairan, dan berkurangnya kadar oksigen di dalam perairan. Hal ini tentu mempengaruhi kondisi situ yang mana merupakan lokasi pemanfaatan bagi masyarakat untuk memancing hasil perikanan disana. Pembersihan sampah di Situ Burung setidaknya dapat menghasilkan 16 kantong plastik besar dari sisi Agribussines Development Center РWarung Teras.

Picture2Kegiatan lainnya yang dimeriahkan dalam WATER FOREST FESTIVAL yaitu penanaman jenis pohon Sengon (Paraserianthes falcataria) dan Bungur (Lagerstroemia speciosa Pers.) sebanyak 60 bibit yang tersebar di Situ Burung sebanyak 45 bibit dan sisanya ditanam di Situ Panjang. Mengingat Kampus IPB Dramaga menyimpan potensi keanekaragaman hayati yang tinggi sebagai Kampus Biodiversitas, tentunya tutupan hijau di sekitar kampus perlu diperhatikan sebagai daerah persebaran satwa. Dengan dilakukannya penanaman ini diharapkan nantinya dapat tumbuh menjadi individu pohon yang sehat dan menjadi vegetasi penyangga bagi persebaran satwa di Desa lingkar kampus IPB Dramaga. Selain penanaman, kegiatan lainnya juga dilakukan perawatan pohon HIMAKOVA yang ditanam pada peringatan Hari Hutan dan Air Sedunia pada tahun 2017 lalu yang berlokasi sama di Situ Burung dan Situ Panjang. Hal ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab anggota HIMAKOVA atas pohon yang telah ditanam.

Bentuk kegiatan yang lain yaitu berupa penebaran bibit ikan sebanyak 300 yang terdiri dari masing masing 100 bibit dari ikan mas (Cyprinus carpio), ikan Nila (Oreochromis niloticus), dan ikan bawal (Collossoma macropomum). Kegiatan ini ditujukan dapat menambah populasi biota perairan yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan aktfitas biota perairan yang terancam akibat kondisi perairan yang tercemar oleh penutupan tumbuhan air (Cabomba sp dan Nymphaea sp). Selain itu, bibit ikan yang ditebar juga dapat diamnfaatkan bagi masyarakat sekitar melalui pemancingan saat sudah mulai menjadi individu dewasa.

Peringatan Hari Hutan dan Air Sedunia pada kegiatan WATER FOREST FESTIVAL kali ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan bagi masyarakat pada umumnya dan civitas intelektual pada khususnya mengenai pentingnya peranan hutan dan air di kehidupan bermasyarakat.

 

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *