Teknik Identifikasi Satwa Melalui Fotografi – Part 2

Posted on Posted in IPB

Oleh: Fotografi Konservasi Himakova

Sumber: http://wikipedia/sisik-ular#
Sumber: http://wikipedia/sisik-ular#

Banyak hal yang bisa didapatkan melalui fotografi baik pemandangan, moment penting, foto model dan lain sebagainya. Fotografi sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk mengidentifikasi satwa baik burung, herpetofauna hingga serangga. Dari masing-masing taksa tersebut hal yang harus diberi perhatian lebih pastilah berbeda-beda seperti paruh, warna sayap, warna leher hingga warna kaki pada burung. Bentuk sisik, jumlah sisik hingga bentuk tungkai pada herpetofauna. Dan pola-pola tertentu pada serangga yang saat ini fokus pada kupu-kupu.

Teknik yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah teknik untuk identifikasi ular.

Dalam mengidentifikasi ular beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan melihat warna keseluruhan, bentuk kepala dan bentuk ekor. Selain itu apabila jenis ular masih belum dapat teridentifikasi namun specimen harus dilepaskan, ada beberapa bagian yang dapat diambil oleh foto agar proses identifikasi dapat lebih mudah dilakukan. Teknik fotografi yang digunakan dalam teknik ini adalah teknik makro.

Bagian tubuh ular yang harus terambil dalam gambar adalah kepala keseluruhan baik bagian atas maupun bagian bawah. Selain itu dapat dilihat juga sisik bagian perut (ventral), punggung (dorsal) dan sisik ekor yang terletak setelah kloaka (subcaudal).

Sumber: http://wikipedia/sisik-ular#
Sumber: http://wikipedia/sisik-ular#
FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *