SERINDIT JAWA: PENGHUNI BARU KAMPUS IPB DARMAGA

Posted on Posted in Burung

serinditMonitoring Burung Kampus IPB Dramaga merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memantau keberadaan berbagai jenis burung yang ada di Kampus IPB Dramaga. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kelompok Pemerhati Burung ‘Perenjak’ Himakova. Program Kerja Monitoring ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Dan untuk mendapatkan data mengenai berbagai jenis burung ini, KPB Perenjak melakukan kegiatan monitoring setiap bulan sekali.

Kegiatan moitoring tahun 2018 ini yang telah dilakukan sejak bulan Februari 2018. Setidaknnya telah ditemukan lebih dari 50 jenis burung dari kegiatan tersebut. Beberapa jenis diantaranya merupakan jenis burung yang belum pernah ditemukan pada kegiatan monitong di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga data ini menambah lagi list jenis burung yang ditemukan di Kampus IPB Dramaga.

Salah satu jenis yang baru ditemukan di tahun ini adalah Serindit Jawa (Loriculus pusillus). Burung ini merupakan burung nuri yang berukuran sangat kecil dengan tubuh berwarna hijau dan tunggir berwarna merah. Jenis ini merupakan jenis burung endemik di Jawa dan Bali. Umumnya burung kecil ini ditemukan di hutan hujan dari ketinggian permukaan laut sampai 2.000 m.

Serindit Jawa (Loriculus pusillus) selain memiliki ukuran yang kecil, juga merupakan burung yang hidup nomaden. Sehingga sulit ditemukan keberadaannya dan mudah terlewatkan atau tidak teramati. Jumlahnya di alam saat ini semakin menurun dan keberadaanya semakin terancam. Hal ini karena beberapa tahun terakhir habitat untuk Serindit Jawa (Loriculus pusillus) terganggu akibat berbagai kerusakan lingkungan serta alih fungsi hutan.

Adapun di Kampus IPB Dramaga, Serindit Jawa (Loriculus pusillus) ditemukan di area sekitar Perumahan Dosen. Individu yang ditemukan adalah satu ekor. Jenis ini ditemukan sedang bertengger pada pohon sikat botol (Melaleuca viminalis) pada ketinggian sekitar 7 meter dari permukaan tanah. Dengan ditemukannya Serindit Jawa (Loriculus pusillus) ini maka menambah lagi daftar jenis burung yang terdapat di Kampus IPB Dramaga.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *