SEKILAS TENTANG RACOVA (MASKOT COVA CUP 2016)

Posted on Posted in IPB

rcv
RACOVA adalah nama maskot COVA CUP 2016, RACOVA merupakan akronim Rhacophorus Conservationist. RACOVA adalah seekor katak pohon hijau yang mengenakan pakaian olahraga berupa baju berwarna merah maroon dan celana hitam. Pada bagian baju terdapat tulisan COVA sebagai penegasan event COVA CUP dan juga terdapat tulisan E3 yang menunjukkan bahwa COVA CUP ini merupakan event yang diperuntukkan bagi civitas Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Tulisan 16 pada bagian celana menunjukkan tahun 2016.

Katak pohon hijau (Rhacophorus reindwartii) dipilih sebagai maskot COVA CUP 2016 ini bukan tanpa alasan. Katak pohon hijau adalah salah satu jenis herpetofauna yang ada di Kampus IPB Darmaga. Muhammad Yazid (2006) menyebutkan habitat R. reinwardtii ada di Arboretum Fahutan, Labotarium Konservasi Tumbuhan Obat, dan Lapangan Voli Fakultas Teknologi Pertanian. Katak pohon hijau juga dilaporkan pernah berada di Hutan Asrama Putra IPB.

Namun, akhir-akhir ini Rhacophorus reindwartii sulit untuk ditemukan di Kampus IPB Darmaga. Hal tersebut diduga karena populasi nya yang kian menurun, maka dari itu Rhacophorus reindwartii dipilih sebagai maskot COVA CUP 2016. Harapannya melalui maskot ini, civitas akademika yang ada di DKSHE khususnya dan IPB pada umumnya semakin peka terhadap kondisi tersebut sehingga Katak pohon hijau akan tetap terjaga eksistensinya di Kampus IPB Darmaga.

#COVACUP2016
#BiroKekeluargaan
#HIMAKOVAIPB

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *