SATUKAN SUARA: JAGA HUTANNYA! KELOLA AIRNYA! UNTUK ANAK CUCU KITA

Posted on Posted in IPB

“HIMAKOVA REPORT”

IMG_2159
Foto: Aksi sadar lingkungan di sekitar Tugu Kujang, Bogor pada Sabtu (26/3) oleh HIMAKOVA dan HIMASPER

“Leuweung ruksak, cai beak, manusa balangsak”

Artinya: Hutan rusak, Air habis, Manusia sengsara

 

Bogor, 26 Maret 2016 — Kata kata mutiara bahasa Sunda inilah yang menjadi pelecut semangat para konservasionis muda yang tergabung dalam keanggotaan Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA) untuk bergerak melakukan aksi sadar lingkungan bertajuk “Hutan dan air sebagai penyangga kehidupan” berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER). Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk memperingati hari kehutanan dan air dunia yang jatuh pada tanggal 21 dan 22 Maret.

IMG_2161
Foto: Maskot yang dibawa untuk menarik perhatian para pengguna jalan pada Sabtu (26/3) di Tugu Kujang

Bogor, HIMAKOVA bersama HIMASPER melakukan aksi untuk kampanye mengenai pentingnya menjaga hutan dan air untuk kehidupan di masa depan. Aksi yang dilakukan berupa orasi dan pembagian sticker kepada pengguna jalan maupun masyarakat yang ada di sekitar Tugu Kujang, Bogor. Aksi ini dilakukan oleh 46 anggota HIMAKOVA dan 22 anggota HIMASPER. Aksi yang dilakukan selama kurang lebih 2 jam ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Ketika aksi sedang berlangsung tak jarang masyarakat mengambil gambar maskot yang dibawa, hal ini memperlihatkan adanya antusiasme masyarakat terhadap aksi yang dilakukan.Berdasarkan keterangan dari beberapa masyarakat, masyarakat mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan karena mereka menjadi mengerti manfaat hutan dan air bagi kehidupan.

Tujuan utama diadakanya kegiatan ini ada 3, yaitu; (1) Memperingati Hari Kehutanan Dunia, (2) Memperingati Hari Air Dunia, (3) Meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan dan air pada masyarakat. HIMAKOVA dan HIMASPER percaya bahwa melalui kegiatan ini, pengguna jalan dan masyarakat minimal mengetahui manfaat umum dari hutan dan air.

Menurut MF Mafruchi/Uki (Ketua Biro Sosial Lingkungan HIMAKOVA), “Mungkin kegiatan ini bukan aksi nyata yang sebenarnya dalam menjaga kelestarian hutan dan air untuk masa depan, namun harapannya kegiatan ini bisa menjadi tonggak agar kita semua satu suara untuk menjaga hutan di dunia, mengelola air sebaik baiknya untuk masa depan dan kehidupan anak cucu kita semua”

Salam Lestari!

Oleh : Dwi Setia A P – Himakova

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *