Rafflesia arnoldii R. Br PUSPA LANGKA INDONESIA

Posted on Posted in IPB

266740Padma raksasa atau biasa dikenal dengan bunga rafflesia (Rafflesia arnoldii R. Br) merupakan jenis tumbuhan holoparasit (parasit obligat) yang hidup menumpang pada inang berupa liana dari jenis Tetrastigma sp. (Lambers et al 1998 dalam Ramadhani et al 2017). Menurut hasil penenlitian Wong (2004) dan Susatya (2007) dalam Ramadhani et al (2017) setidaknya terdapat 10 jenis tetrastigma yang dijadikan sebagai inang Padma raksasa, jenis tersebut meliputi T. tuberculatum, T. curtisii, T. pedunculare, T. scortechinii, T. diepenhorstii, T. papillosum, T. quadrangulum, T. glabratum, T. harmandii, dan T. loheri.

Umumnya, rafflesia merupakan tumbuhan uniseksual berbentuk benang yang hidup di dalam inangnya (Mursidawaati 2012). Warna bunga R. arnoldii, yaitu merah hingga orange pekat dengan bintik putih dan lebih gelap warnanya dibandingkan dengan R. patma. Hasil penelitian Mursidawati (2012) mengenai perbandingan morfologi R. patma dengan R. arnoldii menunjukkan R. arnoldii memiliki buah berukuran besar yang keras, dan berwarna coklat kemerahan dengan proporsinya yang seimbang, tidak mengerucut. Biji R. arnoldii sangat kecil (microseed) bentuknya menyerupai kacang tanah dengan testa (kulit biji) yang telah masak berwarna coklat kehitaman, keras dan kaku (Mursidawati 2012).

Berdasarkan hasil studi habitat yang dilakukan Ramadhani et al (2017), terdapat dua kondisi habitat yang perlu diperhatikan, yaitu kondisi habitat fisik dan biotik. Menurut hasil penelitiannya R. arnoldii membutuhkan kondisi habitat fisik dengan kriteria suhu 25o-29oC dengan kelembaban 90% pada ketinggian 490-558 mdpl, kerapatan tajuk sedang (32-68%), pH tanah tergolong asam (pH=5,5). Adapun jenis habitat biotiknya, yaitu inangnya berupa liana tetrastigma dari jenis Tetrastigma lanceolarium. Kondisi tersebut menunjukkan terdapat sebanyak 49 individu dengan persentase hidup sebesar 67%. R. arnoldii memerlukan waktu selama 9 bulan untuk mekar. Kemudian layu dan mati setelah 5-7 hari dari waktu mekarnya (WWF Indonesia 2017).

arnoldii merupakan spesies yang tergolong langaka dan dilindungi. Berdasarkan Kepres no 4 1993, R. arnoldii ditetapkan sebagai Puspa Langka dari tiga jenis puspa nasional Indonesia. Hal ini disebabkan keberadaannya yang semakin lama semakin sulit untuk dijumpai. Hasil penelitian Mursidawati (2012) menjelaskan keberadaan R. arnoldiidi kawasan Batang Palupuh, Sumatra Barat sangat sulit ditemukan karena jumlah populasinya yang sangat sedikit. Sedikitnya populasi ini juga disebabkan teknologi dalam konservasi jenis ini belum mampu meningkatkan jumlah jenisnya dengan sangat baik. Hasil penelitian Latifah et al (2017) mengenai tes kelayakan benih untuk kegiatan program konservasi Inokulasi bibit ex situ terhadap jenis R. arnoldii menunjukkan persentase kelangsungan hidupnya sebesar 78,75 ± 4,75%, cukup baik untuk pengembangan jumlah dari jenis tersebut. Oleh karena itu, teknologi lebih maju dalam kegiatan konservasi ex-situ jenis ini perlu dikembangkan lagi.

Berdasarkan penjelasan di atas, Padma raksasa merupakan Puspa Langka Indonesia yang ditetapkan dalam Kepres no 4 tahun 1993. Padma raksasa memiliki morfologi bunga berwarna merah dengan bintik putih, berbuah besar, keras dan berwarna coklat, biji yang mikroskopis dengan kulit biji berwarna cokelat kehitaman saat masak. Jenis ini hidup pada inang berupa liana tetrastigma salah satunya dari jenis Tetrastigma lanceolarium dan memiliki syarat kebutuhan fisik dengan suhu 25o-29oC, kelembaban 90%, ketinggian 490-558 mdpl, kerapatan tajuk sedang (32-68%), pH tanah tergolong asam (pH=5,5).

oleh : Ivan Khofian Adhiyaksa

Pustaka:

Latifah D, Riswati M K, Handini E, Wawangningrum H. 2017. Tes viabilitas pada biji Rafflesia arnoldii R.Br. dan Rafflesia patma Blume. Buletin Kebun Raya. 20 (1)

Mursidawati S. 2012. Morfologi buah dan biji Rafflesia patma dan Rafflesia arnoldii. Buletin Kebun Raya. 15(1): 21-30

Ramadhani D N, Setiawan A, Master J. 2017. Populasi dan kondisi lingkungan Rafflesia arnoldii di Rhino-camp resort Sukaraja Atas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Jurnal Sylva Lestari. 5(2): 128-141

[WWF Indonesia] World Wide Fund for Nature Indonesia. ___. Rafflesia arnoldii. [internet]. Terunduh 9 Januari 2018. Tersedia pada laman: https://www.wwf.or.id/program/spesies/rafflesia_arnoldii/

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *