PRESTASI IPB SEBAGAI KAMPUS HIJAU INDONESIA DAN DUNIA 2017

Posted on Posted in IPB

UI GREENMETRIC 2017 ipbOleh : Firman Arief Maulana

Institut Pertanian Bogor (IPB) meraih predikat Kampus Hijau terbaik kedua se-Indonesia setelah Universitas Indonesia dan meraih peringkat ke-52 dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Ranking 2017. Hasil tersebut diumumkan pada hari Senin (11/12) di kampus UI Depok. Sebelumnya, Kampus IPB telah meraih predikat Kampus Hijau peringkat ketiga se-Indonesia dan ke-57 dunia. Hasil ini menujukkan peningkatan dan menjadi prestasi bagi IPB yang telah menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti Green Building, Green Transportation, Green Energy, Green Space, Green People dan Green Movement.

Kriteria penilaian Kampus Hijau dari Greenmetric UI didasarkan pada Pengaturan dan Prasarana (15%), Energi dan Perubahan iklim (21%), Pengelolaan limbah (18%), Penggunaan air (10%), Sistem Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%). Hasil penilaian yang diraih oleh IPB secara kumulatif sebesar 6076 point. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kampus IPB turut berkontribusi besar sebagai Kampus Hijau baik Indonesia maupun di dunia. Keberadaan kampus IPB sebagai Kampus Hijau tidak hanya memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar ataupun terhadap pengembangan sarana prasarana dan sumberdaya manusianya, tetapi juga berdampak positif pada kondisi lingkungan.

Kampus IPB Darmaga seluas 267 ha memiliki ruang terbuka hijau yang luas. Sekitar dua pertiga luas kampus ini memiliki berbagai tipe habitat bagi satwaliar dan persebaran tumbuhan. Menurut catatan HIMAKOVA, terdapat 22 jenis mamalia, 88 jenis burung, 38 jenis reptil, 12 jenis amphibi, 75 jenis kupu-kupu, serta potensi biodiversitas lainnya seperti ikan, serangga dan lain sebagainya. Besarnya keanekaragaman hayati di Kampus IPB Dramaga menjadikan Kampus IPB sebagai Kampus Biodiversitas yang dideklarasikan pada tahun 2016 silam.

Prestasi-prestasi Kampus Institut Pertanian Bogor tersebut, tentunya menjadi kebanggaan bersama yang perlu ditingkatkan untuk kepentingan bersama. Mahasiswa, Dosen, Pegawai, dan seluruh civitas akademika IPB lainnya serta masyarakat umum sangat berperan dalam menunjang IPB sebagai Kampus Hijau yang bermanfaat bagi bangsa, negara, dan dimata dunia.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *