Pressrelease – PELAPIS (Pelatihan Penulisan dan Desain Grafis)

Posted on Posted in IPB
Pelapis 2016
Pelapis 2016

Acara Pelapis ini di laksanakan pada tanggal 30 April 2016 di Ruang Auditiorium Sylva Pertamina. Acara Pelapis tersebut di bawakan oleh dede Ramdan ( KSHE 50) yang menjadi Mascter of Ceremony.  Acara di mulai pukul 09.00 dengan di dhaului oleh open gate dan registrasi hingga pukl 09.30. selanjutnya pukul 09.30 – 10.00 di isi oleh doa pembukaan, tilawah dan sambutan dari ketua Himakova 2016 yaitu Satrio Suryadi Nugroho dan juga sambutan dari ketua panitia Inggita Nuri P. Pelapis 2016 di wakili oleh 31 orang dengan komposisi minimal perwakilan 2 orang dari tiap KP ataupun Biro.

Pelatihan ini diisi oleh ka Mila Rahmania S.Hut yang merupakan Redaktur Warta Herpetofauna serta aktif di berbagai event penulisan KakMila Rahmania mengisi materi penulisan serta trips dan trik cara penulisan dengan benar, dalam hal ini penulisan dengan unsure ilmiah lebih diangkat. Karena Himakova merupakan himpunan ke profesian yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan.  Selanjutnya pemaparan kedua di sampaikan oleh Muhammad Asad Nuzulul Haq KSHE 49 yaitu merupakan ketua korpus pada tahun 2014/2015 yang jg aktif membuat desai fieldguide Taman nasional Gunung Tambora.  Setelah pemaparan kurang lebih satu jam, selanjutnya di adakan Focus Group Practice, setelah ishoma.

Pada pukul 13.00 acara selanjutnya di mulai dengan di awali pembagian sumberdaya menjadi dua fokus grup praktik yang berbeda, yaitu praktik penulisan dan satu lainnya praktik desain. Pada praktik penulisan lebih membahas beberapa eror yang terjadi pada saat penulisan, peserta aktif bertanya dan memberi saran pada tiap tulisan yang di re-view. Setengah jam sebelum masa praktik habis, pada fokus praktik penulisan di minta untuk membuat sebuah artikel yang nantinya akan di kompetisikan di dalam kepanitiaan  pelapis.

Pada fokus praktik desain, setiap peserta di wajibkan memiliki aplikasi coreldraw. Selanjutnya, dalam praktik materi ini tiap peserta di haruskan menganalisis hasil tulisannya atau laporannya menjadi suatu keangka pemikiran penelitian yang nantinya akan di tuangkan kedalam desain poster, antusisme peserta sangat terlihat sekali jika diamati dari keseriusan peserta dalam berlomba membuat kerangka yang desain paling baik. Selanjutnya pengenalan tools tools yang ada di dalam corel draw juga di ajarkan, ada juga pemberian tips tips yang mempermudah proses pembuatan poster ilmiah. Daalm fokus praktik desain juga, setiap desain yang di buat di kompetisikan dalam acara tersebut dengan di nilai oleh pembicara ( Muhammad Asad Nuzulul haq)

Di penutupan acara, di umumkan poster ilmiah terbaik serta jurnal ilmiah yang terbaik, poster ilmiah di menangkan oleh aditya bagus sujati dan sedangkan penulisan ilmiah di menangkan oleh Muh setriadi. SElanjutnya pihak panitia pelapis memberikan tugas kepada seluruh KP dan biro untuk mengirimkan desain poster yang berisi jurnal ilmiah terbaik yang kontennya berisi hasil monitoring kampus bagi KP dan mega proker bagi BIRO, poster ilmiah tersebut akan di taampikan di expo himakova. Setelah penyerahan kenang kenangan kepada pembicara dari tim panitia pelapis 2016 dan pengumuman tugas, acara di tutup dengan doa dan foto bersama peserta, panitia dan pembicara.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *