STUDI BERSAMA DAN PENGAMATAN LAPANG KPB 2018

Posted on Posted in Burung

1538965455809Sterna (Studi Bersama dan Pengamatan Lapang) merupakan salah satu program kerja dari Kelompok Pemerhati Burung “Perenjak” Himakova yang dilaksanakan pada Sabtu, 6 Oktober 2018. Tujuan kegiatan sterna yaitu untuk bersilaturahmi dengan kelompok pemerhati burung universitas lain, dan melihat keanekaragaman jenis burung yang ada di lokasi kegiatan. Sterna kali ini bertempat di Kawasan Hutan Lindung Angke Kapuk (HLAK), Jakarta Utara dengan diikuti peserta sebanyak 6 anggota KPB Perenjak Himakova, 3 partisipan umum Himakova, dan 9 anggota KPB Nycticorax Universitas Negeri Jakarta. HLAK merupakan kawasan dengan jenis vegetasi mangrove, yaitu kawasan yang didominasi oleh pohon – pohon bakau seperti dari genus Avicennia, Sonneratia, dan Rhizopora. Selain itu juga ada jenis pohon pantai seperti ketapang dan cemara laut.

Kegiatan pertama Sterna yaitu pengamatan yang dimulai dari pagi hingga siang hari dengan menelusuri Kawasan hutan mangrove. Pengamatan dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan arah pengamatan. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan sebanyak 19 jenis burung dari berbagai Famili, seperti Ardedidae, Colombideae, Alcedinideae dan berbagai famili lainnya. Salah satu jenis yang ditemukan saat kegiatan yaitu blekok sawah (Ardeola speciosa) dari famili Ardeidae. Jenis burung ini umumnya hidup dekat dengan kawasan lahan yang dekat dengan air dalam kelompok besar atau sendirian. Hal ini sesuai dengan kawasan Hutan Lindung Angke Kapuk yang berada pada kawasan pantai utara Pulau Jawa. Menurut data International Union for Consrvation of Nature (IUCN), status dari blekok sawah yaitu least concernt (LC) atau kurang diperhatikan dikarenakan populasi blekok sawah cenderung bertambah sehingga tidak termasuk spesies terancam. Namun, saat pengamatan kegiatan Sterna, jenis blekok sawah tidak terlalu sering dijumpai dibanding dari jenis burung kareo padi (Amaurornis phoenicurus). Kareo padi mudah ditemukan pada saat pengamatan karena ukurannya yang besar (30 cm) serta warna tubuhnya yang dominan abu dan putih mencolok. Saat ditemukan kareo padi terlihat sedang berjalan di atas lumpur untuk mencari makan.

Selain jenis burung air, jenis burung pelatuk juga ditemukan pada saat kegiatan Sterna 2018 yaitu caladi tilik (Dendrocopos mollucensis). Caladi tilik merupakan salah satu jenis burung yang dapat ditemukan di dataran rendah salah satunya adalah di hutan mangrove. Saat ditemukan, caladi tilik sedang bergerak perlahan-lahan di batang pohon dan sedang membawa makanan di paruhnya. Ukurannya yang kecil yaitu sekitar 13 cm dan berwarna hitam dan putih menyebabkan burung ini menjadi tersamarkan di antara pepohonan. Remetuk laut (Gerygone sulphurea) adalah salah satu jenis burung pengicau dari famili Silviidae yang juga ditemukan pada saat pengamatan. Awalnya burung ini hanya diketahui keberadaannya karena kicauannya yang nyaring dan indah. Namun pada akhirnya remetuk laut berhasil ditemukan secara langsung dan di dokumentasikan oleh salah satu anggota KPB Perenjak. Burung ini berukuran sangat kecil yaitu hanya 9 cm, sehingga memang sulit untuk menemukannya diantara dedaunan yang rindang.

Setelah kegiatan pengamatan, dilakukan pertukaran informasi hasil pengamatan dari kedua kelompok jalur pengamatan dan pertukaran informasi seputar KPB Perenjak dan KPB Nyticorax di fasilitas gazebo yang tersedia. Kegiatan sharing atau bertukar informasi dan pengalaman bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan lebih saling mengenal sesama anggota dari kedua kelompok pemerhati burung serta partisipan umum. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat dari KPB Perenjak kepada KPB Nycticorax dan foto bersama. Harapannya kegiatan Sterna dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dalam skala partisipan yang lebih banyak serta diikuti lebih banyak lagi kelompok pemerhati burung dari universitas lain.

List jenis burung yang ditemukan di Hutan Lindung Angke Kapuk, Jakarta Utara

No Nama lokal Nama ilmiah Famili
1 Cekakak sungai Todirhamphus chloris Alcedinidae
2 Cekakak suci Todirhamphus sanctus Alcedinidae
3 Raja udang meninting Alcedo meninting Alcedinidae
4 Walet linci Collocalia linchi Apodidae
5 Kuntul kecil Egretta garzetta Ardeidae
6 Blekok sawah Ardeola speciosa Ardeidae
7 Kuntul perak Egretta intermedia Ardeidae
8 Kowak malam abu Nycticorax nycticorax Ardeidae
9 Tekukur biasa Streptopelia chinensis Columbidae
10 Cipoh kacat Aegithina tiphia Chloropseidae
11 Wiwik kelabu Cacomantis merulinus Cuculidae
12 Cabai jawa Dicaeum trochileum Dicaeidae
13 Kipasan belang Rhipidura javanica Muscicapidae
14 Caladi tilik Dendrocopos mollucensis Picidae
15 Burung gereja erasia Passer montanus Ploceidae
16 Cucak kutilang Pycnonotus aurigaster Pycnonotidae
17 Kareo padi Amaurornis phoenicurus Rallidae
18 Perenjak jawa Prinia familiaris Silviidae
19 Remetuk laut Gerygone sulphurea Silviidae
FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *