Press Release HIMAKOVA : SURILI 2017

Posted on Posted in IPB

SURILI 2017

HIMAKOVA dalam  Studi Konservasi Lingkungan (SURILI) 2017 pada tahun ini melaksanakan ekspedisi ke tanah Borneo tepatnya di Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK adalah sebuah taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha. TN Kutai membentang di sepanjang garis khatulistiwa mulai dari pantai Selat Makassar sebagai batas bagian timur menuju arah daratan sepanjang kurang dari 65 km. Kawasan ini juga dibatasi Sungai Sangatta di sebelah utara, sebelah selatan dibatasi Hutan Lindung Bontang.

Selama 11 hari tim Surili 2017 yang terdiri dari 7 kelompok pemerhati, satu kelompok minat bakat dan juga satu tim sosial ekonomi dan budaya menjelajah keindahan sumberdaya alam di Taman Nasional Kutai. Tema yang diusung dalam kegiatan surili kali ini yaitu : “Studi konservasi keanekaragaman hayati, kawasan karst, ekowisata,  serta kearifan lokal di Taman Nasional Kutai, Provinsi Kalimantan Timur”.

Dari hasil kajian sosial, ekonomi dan budaya masyarakat di sekitar kawasan TN Kutai menyatakan bahwa masyarakat sedang berada pada proses menuju modernisasi. KP ekowisata menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kunjungan wisata perlu diadakan kegiatan berskala massal, pengunjung tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk kegiatan wisata alam (tiket, akomodasi dan makan) serta wisatawan tidak terlalu tertarik dengan souvenir karena lebih banyak yang berasal dari wilayah Sangatta dan Bontang. KP Goa memaparkan telah berhasil mengeksplor 6 Goa yang ada di Taman Nasional Kutai dari 17 goa yang telah diketahui keberadaannya. Termin II yaitu KP flora, KP Mamalia, KP Burung. KP flora lebih menitikberatkan pengamatan pada etnobotani masyarakat yang ada di sekitar Taman Nasional Kutai. Hasil yang diperoleh yaitu 5 jenis anggrek yaitu 2 dari jenis Bulbophyllum sp. dan 3 dari jenis Dendrobium sp.  masyarakat tidak mengambil jenis obat dari TN Kutai sebanyak 27 Jenis dari 23 famili. KP mamalia memperoleh hasil 5 mamalia yang dijumpai secara langsung dan 6 dari perjumpaan tidak langsung. KP Burung memperoleh hasil 72 jenis burung di site Rantau Pulung dan 26 jenis di site Salebba. Hasil ekspedisi KP burung memperoleh tambahan 3 jenis burung dari 365 jenis burung yang telah ada di data TN Kutai. Termin III yaitu pemaparan hasil ekspedisi dari KP Herpetofauna dan KP Kupu-kupu. Hasil KP Herpetofauna yaitu 21 jenis herpetofauna dari 9 famili yaitu 6 jenis reptil dan 15 jenis amfibi Hasil yang diperoleh ini dapat menambah kekayaan data herpetofauna TN Kutai sebayak 9 jenis. KP Kupu-kupu berhasil mengumpulkan 84 jenis kupu-kupu dari 195 jenis kupu-kupu yang telah tercatat di data TN Kutai. 84 jenis kupu-kupu tersebut tergolong 5 famili yaitu famili Hesperidae, Lycaenidae, Nymphalidae, Papilionidae dan Pieridae.

SURILI

 

Adapun hasil dari kegiatan ekspedisi Surili 2017 akan diseminarkan secara nasional dalam Seminar Nasional HIMAKOVA dengan bentuk luaran berupa laporan ilmiah, laporan semi popular dan video documenter hasil ekspedisi.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *