Press Release – Expo Himakova : IPB Kampus Biodiversitas

Posted on Posted in IPB

Oleh: Infokom HimakovaHEADER

Expo HIMAKOVA (Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB) merupakan salah satu kegiatan berupa pameran dari masing-masing Kelompok Pemerhati (KP) yang ada di HIMAKOVA. Kegiatan expo dilaksanakan di Koridor FEMA Institut Pertanian Bogor pada tanggal 23 Mei 2016 hingga 25 Mei 2016 yang dibuka mulai pukul 08.00 s/d 16.00 WIB setiap harinya. Tema yang diberikan untuk kegiatan Expo HIMAKOVA tahun 2016 yaitu “Keanekaragaman Hayati menjadi Identitas Kampus Institut Pertanian Bogor”. Pengunjung yang hadir mulai dari hari pertama hingga hari terakhir dapat dikalkulasi mencapai 1121 orang dengan beragam tujuan yang dimiliki pengunjung. Tujuan pengunjung yang hadir di expo diantaranya ingin menambah pengetahuan, penasaran dengan keanekaragaman yang ada di kampus, hingga sekedar ingin lihat-lihat saja dengan kegiatan ini.

20160525_121920Dalam kegiatan ini pengunjung dapat melihat penangkaran kupu-kupu sederhana dari Kelompok Pemerhati Kupu-kupu, pameran foto dari Fotografi Konservasi, preservasi basah dan kering dari Kelompok Pemerhati Mamalia, hasil kultur jaringan dari Kelompok Pemerhati Flora, spesimen herpetofauna kampus dari Kelompok Pemerhati Herpetofauna, kegiatan interpretasi sudut kampus dari Kelompok Pemerhati Ekowisata, pengenalan jenis burung yang ada di kampus dari Kelosmpok Pemerhati Burung, dan pengenalan pesona gua hasil ekspedisi dari Kelompok Pemerhati Gua. Selain kegiatan pameran, dalam kegiatan ini terdapat juga permainan yang disajikan untuk pengunjung dengan hadiah yang menarik. Hal tersebut menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk hadir di kegiatan Expo HIMAKOVA 2016. Pengunjung yang hadir bukan hanya dari civitas akademika IPB melainkan dari universitas lain, masyarakat umum yang lewat, hingga mahasiswa asing yang sedang berkunjung ke IPB.20160525_121405 20160524_160408 20160525_120944

Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat khususnya civitas akademika IPB lebih mengenal keanekaragaman hayati yag ada di kampus IPB Dramaga yang merupakan Kampus Biodiversitas pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Banyak jenis-jenis tertentu yang jarang dijumpai oleh civitas IPB seperti keberadaan Kucing hutan (Prionailurus bengalensis) di kampus IPB serta beberapa jenis burung hatu dan burung migran yang melewati kampus IPB pada waktu-waktu tertentu. Dengan kegiatan ini, civitas IPB diharapkan lebih mengenal kampus IPB sebagai Kampus Biodiversitas.

20160524_160308

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *