Pinang Merah, Maskot Provinsi Jambi yang Dilindungi dapat Ditemukan di Kampus IPB

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPF Himakova

Pelepah daun pinang merah  berwarna merah mencolok
Pelepah daun pinang merah berwarna merah mencolok

Pinang merah termasuk suku Palem (Palmae) dalam marga Cyrtostachys. Nama marga tersebut berasal dari kata-kata bahasa latin “kyrtos” yang berarti melengkung dan “stachys” yang berarti tandan bunga. Oleh karena itu semua marga Cyrtostachys, tandan  bunganya melengkung ke bawah. Nama umum dari Cyrtostachys lakka Becc. adalah sealing wax, lipstick palm (internasional), pinang merah, palem merah (Indonesia) (Notodihardjo 1973). Daerah asal pinang merah adalah Semenanjung Malaya, Sumatera dan Borneo (Uhl and Dransfield 1987). Habitat pinang merah yang sesuai adalah hutan rawa gambut dataran rendah. Pinang merah dapat tumbuh baik pada tanah lempung maupun berpasir, di tempat-tempat terlindung maupun terbuka, tetapi di tempat tersebut keadaannya selalu basah atau lembab. Jadi faktor air dalam tanah sangat menentukan pertumbuhan pinang merah (Notodihardjo 1973).

Biji pinang merah
Biji pinang merah

Pinang merah memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah sebagai tanaman hias karena memiliki daya tarik warna merah mencolok pada bagian pelepah daun dan sepanjang ibu tulang daun. Di Sumatera, batang pinang merah sering digunakan sebagai rangka atap dan untai pondok. Masyarakat di Malaysia menggunakan batang pinang merah yang keras untuk menumbuk padi. Tanaman ini merupakan maskot tumbuhan Propinsi Jambi (Notodihardjo 1973).

Pinang merah (Cyrtostachys lakka Becc.) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan jenis Tumbuhan dan Satwa Liar merupakan salah satu dari 294 spesies yang dilindungi. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui status konservasi pinang merah karena persebarannya yang masih banyak. Pinang merah di Kampus IPB Dramaga dapat ditemukan antara lain di taman rektorat, fakultas pertanian dan perumahan dosen.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *