Foka (Fotografi Konservasi)Fotografi KonservasiHimakovaKonservasi

PESAN KONSERVASI DIBALIK FOTOGRAFI

05 - foka
Indonesia merupakan salah satu dari tujuh negara mega biodiversitas yang dikenal sebagai pusat keanekaragaman hayati dunia. Hutan hujan tropis yang membentang dari Sabang sampai Merauke menjadi rumah bagi setiap flora dan fauna yang diapit oleh benua Asia dan Australia. Tuhan telah dengan baik memberikan kita tempat di bumi yang acap kali disebut “tanah surga” karena suburnya tanah dan kayanya akan keragaman sumber daya. Sayangnya ragam keelokan bumi nusantara belum sepenuhnya dapat diketahui oleh banyak orang, sehingga seakan kekayaan ini hanya berujung sia. Waktu begitu dinamis dan manusia selalu dituntut berpikir cerdas dan mengikuti perkembangan zaman. Berangkat dari hal tersebut, perlu adanya cara yang efisien dalam penyampaian pesan atau informasi.

Media adalah alat yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat penerima pesan (Kurnia 2015). Melalui media visual, salah satunya foto, pesan dapat diterima secara mudah dan singkat. Fotografi konservasi merupakan salah satu cara untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam. Kekayaan serta keindahan alam Indonesia dapat diketahui dan dinikmati setiap insan tanpa harus datang ke lokasi langsung. Memanfaatkan teknik fotografi, pesan disajikan dengan lebih sederhana namun kaya akan makna. Seakan bercerita, foto dapat berperan memainkan emosi dalam mengungkap tabir pesona kekayaan Indonesia.

Maraknya kasus illegal-trading satwa liar menjadikan banyak orang naik pitam. Manusia dinilai sebagai makhluk yang tamak karena mengesampingkan etika demi segenggam rupiah. Fotografi konservasi dapat menjadi alternatif dalam pencegahannya dengan meningkatkan kesadaran serta empati masyarakat terhadap flora dan fauna yang khususnya dilindungi. Melalui fotografi konservasi, kita dapat menambah pemahaman publik tentang pentingnya suatu konservasi dan mengajak publik untuk dapat turut andil dalam kegiatan konservasi. Isu-isu konservasi yang belum naik ke permukaan juga dapat diangkat dan dikemas secara informatif dan inovatif. Pesan yang disampaikan dapat didukung dengan sebuah tulisan atau artikel agar publik dapat lebih meresapi makna yang akan disampaikan

Disisi lain, manfaat fotografi konservasi dapat menjadi instrumen dalam pengembangan wisata dan mencari pundi-pundi rupiah. Media sosial yang penyebarannya secara masif memberi keuntungan untuk mengenalkan Indonesia di mata dunia. Komunikasi yang secara tidak langsung terjalin dengan negara-negara seluruh dunia, dapat membantu Indonesia melestarikan flora dan fauna. Melihat kesadaran publik tentang keragaman Indonesia yang perlu ditingkatkan, fotografi konservasi perlu terus dikembangkan. Foto bicara, hati tergugah, alam Indonesia terjaga.

Daftar pustaka

Kurnia A. 2015. Pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA NEGERI 1 Pekalongan. Jurnal Pendidikan 7 (1) : 25-42

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *