PERINGATAN HARI KUPU-KUPU SEDUNIA 2018

Posted on Posted in Himakova

WBD 2Oleh: Faisal Muhamad Iqbal

Kupu-kupu adalah contoh terbaik dari kebebasan dan keindahan. Serangga yang termasuk dalam ordo Lepidoptera ini merupakan salah satu keanekaragaman jenis hayati di Indonesia dengan jumlah spesies yang sangat beragam. Hingga saat ini tercatat ±1.900 jenis kupu-kupu di Indonesia, atau lebih dari 10% dari jenis kupu-kupu yang ada di dunia. 14 Maret 2018 diperingati sebagai “World Butterfly Day” dan “Learn About Butterflies Day”. Banyak hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Kupu-Kupu Dunia, seperti:

  1. Mengamati Keindahan Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan jenis satwa diurnal atau aktif pada siang hari. Waktu yang tepat untuk mengamati kupu-kupu berkisar pada pukul 08.00-14.00. Kupu-kupu merupakan pemakan nektar, sehingga lokasi yang tepat untuk mengamati kupu-kupu adalah di sekitar bunga-bunga yang berwarna cerah.

  1. Mempelajari Hal Baru Tentang Kupu-Kupu
  • Tahukah kalian bahwa nama kupu-kupu berasal dari kata ‘Botervlieg’dan ‘Boterschijte’ yang merupakan bahasa Belanda?
  • Tahukah kalian bahwa rekor spesies kupu-kupu endemik terbanyak dimiliki oleh Indonesia?
  • Tahukah kalian bahwa indera perasa kupu-kupu terdapat pada kaki?
  • Tahukah kalian bahwa kupu-kupu dapat dijumpai di seluruh dunia kecuali di benua Antartika?
  • Tahukah kalian bahwa kupu-kupu disebut sebagai polinator karena saat hinggap di bunga, serbuk sari akan menempel pada kaki kupu-kupu dan terbawa hingga kupu-kupu hinggap ke bunga lain?
  1. Membuat Taman Kupu-Kupu

Jika anda memiliki hobi berkebun, cobalah untuk menanam berbagai jenis bunga untuk menarik perhatian kupu-kupu sehingga anda dapat memiliki kebun bunga dengan kupu-kupu yang berterbangan di sekitarnya.

  1. Kunjungi Museum atau Penangkaran Kupu-Kupu

Belajar dari ahli merupakan cara terbaik untuk menghilangkan rasa penasaran anda tentang satwa cantik ini. Para petugas dengan senang hati akan menunjukkan pada kalian keindahan dari satwa ini dari mulai fase telur, ulat, kepompong, hingga menjadi kupu-kupu.

HIMAKOVA memperingati Hari Kupu-Kupu Dunia dengan melakukan perawatan pada Butterfly Feeding Site yang terdapat di Kampus IPB Dramaga. Butterfly Feeding Site terdapat di depan Gedung Grha Widya Wisuda dan di depan Mesjid Al-Hurriyah.WBD 4

Perawatan yang dilakukan adalah penyiangan gulma atau tumbuhan yang tidak diinginkan sekaligus penggemburan tanah supaya Host Plant atau tumbuhan inang yang ditanam tidak terganggu pertumbuhannya. Salah satu tumbuhan inang yang ditanam di Butterfly Feeding Site adalah Sirih Hutan (Aristolochia tagala) yang merupakan Host Plant dari ulat Pachliopta aristolochiae dan Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum) yakni tumbuhan penghasil nektar sebagai pakan kupu-kupu.

Selain melakukan penyiangan, dilakukan pula peletakan batu-batu koral yang berfungsi sebagai tempat kupu-kupu untuk melakukan perilaku puddling untuk menghisap air, sumber garam, untuk memenuhi kebutuhan mineral bagi kup u-kupu.

Pustaka :

DOTY. 2018. Learn About Butterflies Day. Tersedia pada: https://www.daysoftheyear.com/days/learn-about-butterflies-day/ [13 Maret 2018]

Gyan B. 2017. World Butterfly Day. Tersedia pada: https://bharathgyanblog.wordpress.com/2017/03/14/world-butterfly-day/ [13 Maret 2018]

Karokaro AS. 2015. Tahukah anda fakta si kupu-kupu cantik ini. Tersedia pada: http://www.mongabay.co.id/2015/02/21/tahukah-anda-fakta-si-kupu-kupu-cantik-ini/ [13 Maret 2018]

Peggie D. 2014. Mengenal Kupu-Kupu. Bogor(ID): Pandu Aksara Publishing.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *