PENTINGNYA INTERPRETASI WISATA KOTA PAGARALAM

Posted on Posted in Ekowisata

1 pagaralamsumber gambar: Sriwijaya Post – Tribunnews.com

Kota Pagaralam, kota kecil dengan luas sekitar 633,66 km² sudah dikenal dengan keindahan alamnya. Berbagai tempat destinasi wisata yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Kota Pagaralam. Jika dari Palembang maka akan membutuhkan waktu tempuh ±7 jam dengan jarak 279,5 Km. Kota Pagaralam merupakan salah satu potret keindahan Indonesia yang begitu mempesona. Disini para pengunjung dapat menikmati berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun, situs bersejarah dan juga danau.

Tidak sekedar melakukan perjalanan, diharapkan pengunjung yang datang ke Kota Pagaralam memiliki kesan yang dapat dikenang sekaligus mendapatkan makna dibaliknya. Salah satunya dengan melakukan kegiatan intepretasi. Intepretasi adalah suatu aktifitas pendidikan yang bertujuan menyingkap berbagai makna dan hubungan melalui objek-objek menarik (asli), pengalaman langusng dan gambar/ilustrasi, jadi tidak semata-mata meyampaikan fakta/informasi.

Ketika pengunjung tertarik mengunjungi Kota Pagaralam, maka intepretasi sangat berperan penting untuk membuat pengunjung berkesan dan tidak merasa membuang waktunya percuma untuk datang ke Kota Pagaralam. Kegiatan intepretasi dilakukan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pengunjung. Meskipun dalam menikmati alam, pemaknaan yang ditimbulkan masing-masing pengunjung berbeda-beda. Oleh karena itu, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mempertemukan pengunjung dengan obyek-obyek intepretasi, sehingga pengunjung dapat memperoleh pengalaman langsung melalui pancaindranya seperti pengelihatan, pendengaran, perasaan, penciuman ataupun peradaban. Orang yang melakukan kegiatan intepretasi disebut dengan interpreter. Proses informasi ke interpretasi yang pertama adanya pemandu wisata mempunya pengetahuan yang akan menjadi informasi, kemudian adanya ketrampilan mengolah informasi yang akan di interpretasikan ke pengunjung sehingga pengunjung dapat memperoleh pengetahuan dan makna baru.

Pengalaman berkunjung ke Kota Pagaralam merupakan hal yang menyenangkan. Disatu sisi kita dapat menikmati indahnya alam dan disisi lainya kita dapat memperoleh pengetahuan yang baru.

Ayo berkunjung ke Kota Pagaralam.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *