PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) 2016 DI JAWA BARAT : Ajang Uji Kemampuan Olahraga dan Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat

Posted on Posted in IPB

lgponPekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang bergengsi dalam perkembangan olahraga di Indonesia. Kegiatan ini akan selalu ramai ditunggu baik oleh penggiat olahraga maupun sekedar untuk mendukung putera-puteri daerah bertanding mewakili provinsinya. Tidak hanya kegiatannya saja yang ditunggu tetapi maskot PON selalu dinantikan. Tahukah kamu apa maskot PON tahun ini?. Primata ini menjadi primadona di tanah legenda, SURILI (Presbytis comata).

Surili (Presbytis comata) merupakan satwa khas jawa barat dan dapat ditemukan di Hutan primer dan Hutan sekunder Jawa Barat seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Surili memiliki perilaku yang lincah dan gesit dan sering bermanuver dari dahan ke dahan. Hal ini merupakan beberapa sifat yang dapat mewakili para atlit unutk dapat memenangkan pertandingan.

Surili (Presbytis comata) umumnya memiliki warna tubuh hitam, coklat, dan keabuan pada seluruh tubuh. Satwa ini memiliki ciri unik yaitu memiliki jambul. Berbeda dengan surili dewasa, anakan surili pada umumnya memiliki tubuh yang berwarna putih dan memiliki garis hitam mulai dari kepala hingga bagian ekor.

Dengan adanya PON ini diharapkan agar adanya kesadaran dari semua pihak akan satwa khas Jawa Barat ini. PON merupakan media publikasi yang baik dan media penyadartahuan kepada masyarakat, umumnya kepada masyarakat Indonesia dan khususnya kepada masyarakat Jawa Barat. Masyarakat umum saat ini masih belum banyak yang tahu akan keberadaan satwa khas Jawa Barat ini. Bahkan satwa ini masuk kedalam IUCN Redlist dengan status Endangered atau terancam  punah. Dengan adanya PON ini diharapkan masyakarat dapat mengenal akan satwa khas ini dan memiliki kesadaran untuk menjaga agar satwa khas Jawa Barat ini kan tetap hidup.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *