Pantai Balekambang, Tanah Lotnya Kota Malang

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPE Himkova

ECO2Pantai Balekambang di kota Malang, Obyek wisata pantai Balekambang terletak di kota Malang, Jawa Timur tepatnya 45 kilometer sebelah selatan kota Malang. Bila teman-teman berada di Jawa Timur khususnya di kota Malang, sempatkanlah untuk berwisata di pantai ini. Pantai Balekambang menawarkan pemandangan pantai yang masih asri dengan pasir putih dan pasir berwarna coklat terang yang membentang sejauh 2 kilometer.

Jalan untuk ke pantai Balekambang sendiri sudah diaspal meskipun ada beberapa sisi jalan yang masih rusak, namun teman-teman tak akan kecewa bila sudah sampai ke pantai ini. Lokasi pantai Balekambang juga dekat dengan pantai Ngliyep dan pantai Sendang Biru, sehingga sekali perjalanan teman-teman bisa mengunjungi 3 pantai sekaligus.ECO1

Seperti halnya pantai – pantai di pesisir pulau jawa, Pantai Balekambang di kota Malang juga memiliki arus yang deras dan ombak yang cukup besar. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, yaitu adanya kolam renang, pendopo, tempat parkir, kios souvenir, rumah makan, mushola, bungalow, dan bila teman-teman yang hobi berkemah di kawasan pantai, tempat ini juga tersedia bumi perkemahan.

ECO3Di Pantai Balekambang di kota Malang ini terdapat 3 buah pulau kecil yaitu pulau Ismoyo, pulau Anoman dan pulau Wisanggeni. Di pulau Ismoyo tersebut berdiri dengan gagah sebuah pura yang digunakan umat hindu daerah tersebut untuk bersembahyang. Pura diatas pulau itu dihubungkan oleh sebuah jembatan beton yang panjangnya sekitar 100 meter dengan lebar 1,5 meter. Di pura yang bernama Pura Luhur Amerta Jati tersebut tiap tahunnya digelar upacara Jalanidhi Puja yang merupakan upacara adat khusus Pantai Balekambang di kota Malang yang diadakan pada bulan Suro penanggalan jawa. Pantai Balekambang ini mirip Tanah Lot di Bali dengan pura yang berada di atas karangnya.. Selain bisa berenang di pantai yang indah ini, teman-teman juga bisa melihat biota laut dan karang  – karang di sepanjang pantai.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *