NIGEL: BURUNG PALING KESEPIAN DI DUNIA

Posted on Posted in Biodiversitas, Burung

kpb nigel 2

sumber foto: National Geographic Indonesia

Jika kita merasa kesepian, tentu kita akan mencari teman untuk menghilangkan perasaan itu, tapi bagaimana jika burung yang kesepian? Ternyata tidak hanya manusia yang bisa merasa kesepian, burung juga bisa salah satunya adalah Nigel, burung jantan jenis gannet yang hidup kesepian di Pulau Mana, New Zealand. Selama bertahun-tahun Nigel tinggal bersama 80 replika tiruannya, bahkan sampai akhir hidupnya Nigel masih tetap sendirian sehingga ia diberi julukan “The World’s Loneliest Seabird” atau burung paling kesepian di dunia.

Semua berawal dari dibuatnya patung burung jenis gannet di Pulau Mana yang dibuat oleh para konservasionis. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian satwa liar lainnya untuk tinggal di Pulau Mana dan membuat mereka merasa Pulau Mana adalah pulau yang aman sebagai tempat habitat. Namun siapa sangka patung tiruan burung gannet ini justru menarik perhatian Nigel yang sedang mencari pasangan. Nigel selama bertahun-tahun telah hidup bersama koloni patung tiruan gannet dan selama itu juga ia telah berusaha mendekati patung tersebut. Hal-hal seperti bersolek,meringkuk dilakukan untuk menarik perhatian patung tiruan gannet yang ia anggap sebagai kekasihnya, namun sayangnya sampai akhir hidupnya Nigel tidak mendapat respon apapun.

Nigel ditemukan tak bernyawa di samping patung tiruannya pada akhir bulan Januari lalu oleh Chris Bell seorang ranger dari Departemen Konservasi Selandia Baru. Kematian Nigel masih belum bisa dipastikan, namun Bell yakin Nigel mati karena umurnya yang sudah tua. Gannet adalah jenis burung laut yang berukuran besar dari famili Sulidae. Biasanya mereka akan membuat sarang di pinggir-pinggir perbukitan pantai dan akan membuat sarangnya aman dari serangan hama seperti tikus. Keberadaan Nigel selama bertahun-tahun di Pulau Mana telah membuahkan hasil dengan datangnya 3 ekor burung jenis gannet lainnya yang menjadi harapan baru untuk Nigel mencari pasangannya. Namun memang disayangkan Nigel telah mati sebelum menemukan pasangan hidupnya.

Oleh: Kelompok Pemerhati Burung (KPB) “Perenjak”

Pustaka:

http://www.google.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/3256476/burung-paling-kesepian-di-dunia-mati-di-tengah-patung-tiruannya

Nationalgeographic.co.id/berita/2018/02/kisah-sedih-nigel-burung-paling-kesepian-di-dunia

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *