MONITORING BURUNG KAMPUS IPB DRAMAGA

Posted on Posted in IPB
Pesert Monitoring Burung Kampus IPB
Pesert Monitoring Burung Kampus IPB

Oleh : KPB Himakova

Hari jum’at tanggal 25 Maret diadakan kembali pengamatan kampus dengan tajuk monitoring kampus oleh KPB Perenjak Himakova. Pada kesempatan ini, pengamatan tidak hanya dilakukan oleh anggota KPB Perenjak melainkan juga dihadiri oleh beberapa teman-teman Biologi dalam rangka mempersiapkan ekspedisi mandiri. Pengamatan ini biasanya hanya dilakukan oleh anggota KPB Perenjak, namun tidak menutup kemungkinan adanya pengamatan dengan Kelompok Pemerhati Burung lainnya.

Pengamatan ini merupakan pengamtan untuk monitoring kampus kedua setelah bulan lalu. Monitoring kampus dilakukan setiap bulannya. Pada monitoring kedua ini, pengamatan dimulai pada pukul 06.15 WIB. Perjalanan dengan berjalan bersama diawali dari Lapangan DKSHE lama menuju lokasi pengambilan data yang bertempat di daerah Perumahan dosen sampai Cikabayan bawah.

Monitoring Burung Kampus IPB
Monitoring Burung Kampus IPB

Pengamatan yang telah dilakukan menghasilkan 19 jenis burung. Sebagian besar burung ditemukan pada saat berada di jalan soka wilayah Perumahan dosen. Salah satu species yang tercatat adalah Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris) atau javan kingfisher dalam bahasa Inggris.

Cekakak jawa memiliki ciri-ciri yang meliputi Berukuran sedang (25 cm), berwarna sangat gelap. Dewasa: kepala coklat tua, tenggorokan dan kerah coklat. Perut dan punggungnya biru ungu, penutup sayap hitam, bulu terbang biru terang. Bercak putih pada sayap terlihat sewaktu terbang. Remaja: tenggorokan keputih-putihan. Iris coklat tua, paruh dan kaki merah. Burung ini biasa ditemui pada cabang pohon yang rendah atu pada tiang di padang rumput atau lahan terbuka.

Selain Cekakak jawa ditemukan Kareopadi pada saat menuyebrang jalan. Kareopadi ditemukan di di jalanan kebun karet arah turun. Burung ini pertama ditangkap oleh mata para pengamat biologi yang kemudian teridentifikasi sebagai Kareopadi. Adanya tim Biologi ini juga sangat membantu kami dalam mengambil data. Adanya tim pemerhati burung Biologi. Selain hal tersebut, banyak informasi maupun pengalaman yang dapat saling menukar satu sama lain.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *