Menjelajahi “Hotspot” IPB

Posted on Posted in IPB

Oleh: FOKA HimakovaKAM

Dalam ilmu kebakaran hutan Hotspot merupakan titik panas di permukaan bumi, yang menjadi indikasi kebakaran hutan dan  lahan (Arief 1997 dalam Ratnasari, 2000) . Jika di artikan menurut definisi anak-anak zaman sekarang , Hot spot adalah titik  yang menjadi sumber energy bagi kecepatan internetan mereka. Namun kali ini kita mengartikan ‘Hotspot’ sebagai suatu tempat yang didalamnya tersedia satu paket komplit baik landscape, pencahaayaan dan komponen tempat yang unik dan menarik untuk menjadi sebuah model dalam foto.

Berfoto didepan tempat tempat yang nyentrik seperti Kintamani Bali, Tugu Monumen Nasional, café dengan desain interior unik saat ini sedang booming dan menjadi sebuah kebutuhan dalam bersosial. Namun, untuk mendapatkan momen ber foto bagus tidak harus jajan di café mahal atau menghabiskan banyak biaya untuk transportasi jauh-jauh ke Bali. Institut Pertanian Bogor sebuah kampus ternama dengan banyak tempat yang sangat menarik namun belum banyak di eksplor. Sesekali coba jalan-jalan keliling kampus dan melihat betapa tempat di IPB sangat unik dan bagus.

Nah berikut beberapa ‘Hotspot’ IPB yang harus dikunjungi,

  1. Taman Rektorat atau GladiatorHS1Taman Rektorat IPB terletak persis di depan Graha Widya Wisuda. Taman rektorat ini merupakan jalan penghubung antara Gedung Rektorat dengan Graha Widya Wisuda. Di taman Rektorat IPB terdapat Ikon IPB yang menjadi langganan berfoto mulai dari Masyarakat Umum, Mahasiswa semester awal hingga Mahasiswa tingkat akhir ingim ber-toga ria disana. Ikon IPB ini sering disebut Koin IPB oleh mahasiswa IPB.  Jika kita berfoto disiang hari mungkin akan mendapatkan hasil foto yang gelap atau ‘backlight’ karena di sekitar koin merupakan tempat terbuka yang tidak di memiliki naungan, jadi disarankan untuk berfoto di koin IPB pada pagi dan sore hari agar mendapat pencahayaan yang baik.Selain tepat di koin IPB, di Taman rektorat juga terdapat spot-spot lain yang bagus untuk berfoto. Salah satunya di rerumputan yang terletak di kiri kanan lapangan rektorat. Foto dibawah merupakan salah satu contohnya. Foto tersebut diambil pukul sebelas siang dengan menggunakan kamera Hp yang hasilnya tidak kalah keren dengan kamera SLR. Setuju?HS2Jika kamu tidak menginginkan objek lain untuk di foto, di Taman Rektorat IPB kamu akan menemukan beragam jenis kupu-kupu mulai dari suku Nymphalidae, Papilionidae, dan Pierridae dan jenis jenis Herpetofauna, Burung serta Mamalia kecil seperti Tupai dan Bajing. Foto dibawah Ini merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang di temukan di lapangan rektorat, Hypolimnas bolina yang diambil di samping kanan taman, pada pagi hari sekitar pukul 09.00. Waktu pengambilan foto sangat penting dan bisa jadi faktor penentu dari kualitas foto,  Salah satu  tips mendapatkan foto kupu-kupu adalah, dengan memilih waktu hunting di pagi hari sekitar jam 07.30 sampai 10.30 karena pada Jam-jam  itu matahari cukup hangat dan disukai oleh kupu kupu.HS3Untuk mendapatkan foto kupu-kupu, cukup dengan bergerak dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa, pada saat kupu-kupu merentangkan sayap. Lalu Cekrek!2. Kandang Kuda dan sekitarnya.

    Bagi teman – teman yang mungkin sering praktikum di area Cikabayan pasti pernah melewati kandang kuda bukan? Kandang kuda terletak di sekitar fakultas peternakan dan bersebelahan dengan kebun percobaan Dep. Agronomi dan Hortikultur IPB. Dilihat sekilas mungkin tampak sepi dan biasa saja, tapi jangan salah. Jika waktu kedatangan mu tepat kamu bisa mengambil objek foto kuda-kuda IPB yang gagah plus dengan model penunggang diatas nya, seperti foto berikut,HS4

    Foto ini diambil menggunakan kamera SLR pada sabtu pagi sekitar pukul 09.00. Nah buat kamu yang punya SLR boleh di coba jika ingin mengambil foto seperti gambar diatas dengan pengaturan kamera manual, ISO 200, shutter 1/500s dan aperture f/6.3.HS5

    Spot lain yang ‘Hot’ banget disekitar kandang kuda adalah Ilalang di depan kandang kuda. Tempat ini cocok banget untuk teman teman yang mau foto ramai-ramai atau sendiri juga okee.  Karena rumputnya lumayan tinggi dan tempatnya di kawasan yang cukup terbuka serta menghadap ke langit langsung. Jadi paduan hijaunya rumput dan langit yang biru memberi kesan santai tapi casual.HS6

    Foto model-model seperti ini, cocok untuk teman-teman yang mau membuat album foto dengan sahabat nya atau teman dalam organisasinya. Tapi, jangan sembarang merobek daun atau menginjak semai-semai kecil karena sering ditemui kadal atau binatang lain yang ada disana. Tidak melakukan vandalism saat berkunjung ke suatu tempat itu keren banget loh!

    3. Perumahan Dosen

    HS7Kawasan perumahan dosen merupakan salah satu tempat yang terletak hampir di ujung kawasan kampus IPB. Konon katanya kawasan perumahan dosen sepi karena dianggap angker dan seram. Tapi jangan salah! Kawasan ini sama sekali tidak seram, coba teman –teman datang pagi-pagi kesana dan diam sejenak di pinggir jalan lalu dengarkan nyanyian burung-burung serta semilir angin. Jauh dari polusi dan kebisingan seperti yang sering di temui di Bara. Selain suasananya yang asri, jika di eksplor lebih jauh melalui lensa, perumahan dosen merupakan tempat yang cantik untuk foto-foto lanskap.

Selamat menjelajahi kampus! Salam Lestari! FLASH!

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *