Mengenal Betet Biasa, Paruh Bengkok Penghuni Kampus Biodiversitas

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPB Himakova

BTT1

Betet biasa (Psittacula alexandri) merupakan salah satu burung dari family Psittaculidae. Burung ini berukuran sedang, dari kepala hingga ekor sekitar 34 cm. Berkepala besar, paruh bengkok dan kuat, kaki pendek dan lincah dengan dua jari menghadap ke belakang, bulu berwarna-warni menarik, umumnya hijau, merah muda, paruh merah dan kaki abu-abu. Betet biasa hidup bergerombol di alam dalam jumlah banyak, baik saat terbang maupun beristirahat dan bersarang dalam kelompok, bertengger sambil berkicau dengan seruan tajam berulang-ulang kekekek, atau teriakan parau seperti terompet.

Betet biasa atau dalam bahasa Inggris memiliki nama Red-breasted Parakeet merupaka salah satu jenis burung yang banyak diperdagangkan sebagai hewan peliharaan. Selain karena bulunya yang cerah, burung ini dapat dibuat jinak dan memiliki perilaku yang lucu sehingga meningkatkan  daya tarik masyarakat untuk menjadikannya hewan peliharaan. Menurut redlist IUCN Psittacula alexandri termasuk kategori Near Threatened (NT) atau hampir terancam.

BTT2

Namun demikian, betet biasa tergolong burung perkotaan yang dapat bertahan hidup ditengah hiruk-pikuk aktivitas manusia.  Salah satunya yakni di Kampus ”Biodiversity” IPB Dramaga. Di Kampus IPB Dramaga, Betet biasa dapat dijumpai di beberapa lokasi seperti kawasan Al-hurriyah, Fakultas Kedokteran Hewan, hingga ke kawasan kolam percobaan FPIK. Burung ini bersarang dengan membuat lubang pada batang pohon. Keberadaan Betet biasa di Kampus IPB Dramaga, selain menjadi kebanggaan juga menjadi tanggung jawab yang besar bagi masyarakat kampus terkhusus bagi mahasiswa DKSHE sebagai mahasiswa konservasi. Pencanangan Kampus IPB Dramaga sebagai Kampus Biodiversity diharapkan dapat menjaga keberlangsungan kehidupan tidak hanya bagi Betet biasa, akan tetapi semua keanekaragaman hayati yang ada di kampus.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *