MEMBERI MINUM KUPU-KUPU? KITA JUGA BISA

Posted on Posted in Kupu-Kupu

7 MEMBERI MINUMKupu-kupu sebagai salah satu jenis satwa yang umum kita jumpai memiliki peranan yang penting bagi alam sebagai polinator. Indonesia merupakan salah satu rumah bagi berbagai jenis kupu-kupu. Beberapa diantaranya merupakan endemik yang hanya dapat dijumpai di Indonesia. Pernahkah anda melihat kupu-kupu saat sedang berjalan di sekitar kampus? Cobalah untuk lebih memperhatikan sekitar, karena IPB merupakan salah satu tempat yang memiliki jenis kupu-kupu yang beragam. Monitoring kupu-kupu kampus IPB yang dilakukan oleh Kelompok Pemerhati Kupu-Kupu “Sarpedon” pada tahun 2016/2017 mendapat hasil yang cukup menggembirakan. Sebanyak 88 jenis kupu-kupu yang telah diidentifikasi dan dapat dijumpai di sekitar kampus IPB Dramaga. Semakin banyak jenis kupu-kupu yang ditemukan mengindikasikan kondisi suatu tempat semakin baik.

Tentunya kita tidak ingin jenis kupu-kupu yang ada di kampus berkurang bahkan punah. Namun banyaknya lahan di kampus IPB yang dialihfungsikan dikhawatirkan dapat membuat keberadaan si sayap indah ini hilang satu persatu dan paling parah dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan ekosistem di kampus IPB. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, seperti menanam dan merawat tanaman berbunga dan juga tanaman berbuah, tidak mengganggu dan membasmi ulat yang ditemui, dsb. Salah satu hal yang cukup mudah untuk dilakukan dengan biaya yang murah yakni membuat tempat khusus untuk minum kupu-kupu. Kupu-kupu memiliki sebuah mulut menyerupai “belalai” yang disebut proboscis. Proboscis ini berfungsi untuk menghisap nektar pada bunga. Bentuk mulut kupu-kupu ini cukup unik sehingga tempat minum yang kita sediakan juga harus menyesuaikan dengan bentuk mulutnya.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat tempat minum kupu-kupu adalah tidak membahayakan dan dapat dijangkau oleh kupu-kupu. Contoh sederhana yang dapat kita buat adalah membuat tempat minum kupu-kupu dari piring bekas dan tali. Nektar buatan yang dapat disimpan di piring tersebut dapat berasal dari buah-buahan, yang umum disukai kupu-kupu adalah jeruk, namun buah-buah lain yang memiliki rasa manis juga disukai oleh kupu-kupu. Alternatif lain selain buah segar adalah campuran dari madu dengan air atau gula dengan air. Pada dasarnya satwa khususnya kupu-kupu menyukai hal-hal yang manis. Setelah selesai dengan tempat minum dan nektar, gantungkan pada tempat yang teduh, lebih bagus jika diletakkan di dekat tanaman berbunga. Jangan lupa untuk secara rutin mengecek dan membersihkan tempat minum kupu-kupu.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

One thought on “MEMBERI MINUM KUPU-KUPU? KITA JUGA BISA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *