Marsupial Kecil dari Papua

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPM Himakova

Petaurus breviceps
Petaurus breviceps

Tahukah kamu Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, salah satunya di Indonesia bagian timur memiliki jenis-jenis satwaliar berkantung (masrsupial). Bukan cuma Australia aja lho yang memiliki satwa marsupial. Salah satunya sugar glider. Tahukah kamu apa itu sugar glider? Sugar glider (Petaurus breviceps) merupakan mamalia kecil dari tanah Papua Indonesia.

Ukuran tubuh sugar glider dari hidung hingga ekor berkisar antara 24-30 cm. Sugar glider memiliki mata yang bulat dan besar dengan berwarna hitam, kecuali sugar glider albino memiliki mata berwarna merah. Mata sugar glider hanya bisa melihat objek dengan dua warna, yaitu warna abu-abu dan merah. Mata sugar glider memiliki kemampuan penglihatan yang baik pada malam hari untuk beburu mangsa. Biasanya, sugar glider memakan serangga dan buah-buahan yang memiliki rasa manis.

Sugar glider dewasa memiliki gigi berjumlah 40 buah dengan gigi menyerupai taring dibagian bawah yang digunakan untuk mengoyak dahan pohon untuk diambil sarinya. Ekor sugar glider memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan pada saat sugar glider terbang rendah (gliding). Tangan sugar glider terdiri dari 5 jari dengan 5 kuku runcing yang berfungsi untuk mencengkram dahan pohon, sementara kaki sugar glider terdiri dari 5 jari dengan 4 kuku runcing. Sugar glider memiliki patagium, patagium merupakan membran atau lapisan tipis yang ditumbuhi rambut yang membentang dari pergelangan tangan hingga pergelangan kaki, patagium digunakan untuk terbang dari satu pohon ke pohon yang lain dengan merentangkan tangan dan kakinya.

Sugar glider jantan dan betina sangat mudah dibedakan, sugar glider betina memiliki kantong di bagian perutnya sementara sugar glider jantan memiliki pitak dibagian kepalanya ketika sudah dewasa. Variasi warna rambut sugar glider bermacam-macam, umumnya berwarna abu-abu dengan garis hitam dari hidung hingga punggung, namun terdapat warna lain dengan bervariasi jenis, antara lain berwarna putih biasanya berjenis albino dengan mata merah, dan berjenis leucistic berwarna putih dengan mata hitam, ring tail dengan warna ekor seperti cincin melingkar berwarna putih, dan masih banyak lagi. Sugar glider merupakan salah satu keanekaragaman hayati Indonesia yang memiliki nilai eksotis dengan warna rambut yang indah dan keunikan lainnya yaitu merupakan mamalia marsipial. Ayo, tunggu apa lagi? Kenali lebih banyak keanekaragaman hayati Indonesia.

Sumber : Catro SS. 2013. Sugar Glider Si Hewan Saku yang Unik. Jakarta (ID): Agromedia Pustaka

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *