MALEO (Macrochepalon maleo): SANG PENGGALI ASAL SULAWESI

Posted on Posted in Biodiversitas, Burung

KPB MALEO

sumber foto: arkive.org

Burung maleo atau Macrochepalon maleo merupakan salah satu burung endemik dari Pulau Sulawesi, dapat ditemukan di seluruh daerah kecuali Sulawesi Selatan (Birdlife International 2018). Burung ini merupakan burung terestrial yang bisanya hidup di hutan dataran rendah dekat pantai. Maleo memiliki ciri khas yaitu bagian yang menyerupai jambul di kepalanya, sehingga diberi nama macrochepalon atau kepala besar. Memiliki ukuran tubuh sedang sekitar 55 cm,kaki berwarna abu-abu, tubuh didominasi warna hitam kecuali bagian bawah dada berwarna putih, lingkaran mata berwarna kuning, mata berwarna hitam, dan paruh berwarna jingga. Maleo merupakan burung yang setia atau hanya memiliki satu pasangan seumur hidup (monogami). Burung ini memiliki perilaku yang khas yaitu bertelur di pasir pantai dan mengubur telurnya, jadi burung ini tidak mengerami telurnya. Hal unik lainnya yaitu ukuran telur dari burung maleo yang sangat besar sekitar 11 cm sehingga sesaat setelah bertelur burung ini akan ‘pingsan’. Telur yang telah dikubur di pasir akan menetas setelah 62 hingga 85 hari. Ketika menetas maleo akan berusaha keluar dari pasir dan ketika berhasil maka akan segera mencari perlindungan di dalam hutan.

Berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999 burung ini termasuk jenis yang dilindungi oleh pemerintah dan berstatus endangered berdasarkan IUCN (Birdlife International 2016). Populasi di alam yang semakin menurun disebabkan oleh berkurangnya luasan hutan dan banyaknya masyarakat yang mengambil telur maleo untuk dijadikan sumber protein. Pemerintah telah melakukan usaha untuk meningkatkan populasi burung ini di alam dengan membuat penangkaran. Terdapat pula masyarakat yang melakukan konservasi burung maleo secara sukarela, salah satunya adalah Pak Ali yang telah menangkarkan maleo dan melepaskannya kembali ke alam.

Oleh: Kelompok Pemerhati Burung (KPB) “Perenjak”

Pustaka:

BirdLife International. 2016. Macrocephalon maleo. The IUCN Red List of Threatened Species 2016. http://www.iucnredlist.org/details/22678576/0 [diakses berkala 28 Februari 2018].

BirdLife International. 2018. Species factsheet: Macrocephalon maleo. http://www.birdlife.org [diakses berkala 28 Februari 2018].

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *