LABA-LABA ATAU AMBLIPHIGY

Posted on Posted in IPB

Oleh: KPG Himakova

Laba-laba
Laba-laba

Laba-laba adalah jenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae; kelas Arachnida. Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang-kadang kanibal. Mangsa utamanya adalah serangga. Hampir semua jenis laba-laba, dengan perkecualian sekitar 150 spesies dari suku Uloboridae dan Holarchaeidae, dan subordo Mesothelae, mampu menginjeksikan bisa melalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya. Meski demikian, dari puluhan ribu spesies yang ada, hanya sekitar 200 spesies yang gigitannya dapat membahayakan manusia.

Ambliphigy Sumber foto : www.nikonschool.it
Ambliphigy
Sumber foto : www.nikonschool.it

Jika melihat sekilas, laba-laba dan ambliphigy akan terlihat sama. Ampblypygi merupakan salah satu hewan Avertebrata yang termasuk kedalam filum Arthropoda dan dalam kelas Arachnida. Amblyphygi atau sering disebut dengan whip spider atau dalam bahasa lokalnya disebut kala cemeti, memiliki morfologi yang hampir sama dengan laba-laba tetapi lebih banyak perbedaan yang sangat menonjol (Rahmadi, 2011). Ambliphigy adalah salah satu hewan unik yang dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrim yaitu di dalam gua.

Jenis Ambliphigy yang terdapat di Indonesia yaitu Phrynus exsul (Harvey, 2002). Jenis ini termasuk anggota Famili Phrynidae, Bangsa Amblypygi, Kelas Arachnida. Jenis ini merupakan satu-satunya anggota Famili Phrynidae di Indonesia bahkan di kawasan Australia dan Afrika. Kelas Amblypygi merupakan kelompok yang secara taksonomi belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, meskipun sering dijumpai di lingkungan sekitarnya. Jika dilihat dari depan, jenis ini sangat mirip dengan kalajengking. Namun, tidak memiliki ekor dan tidak berbisa.

Di bagian kepala terdapat sepasang capit yang berduri-duri. Duri tersebut adalah salah satu ciri-ciri untuk membedakan dengan jenis lainnya. Jenis Phrynus exsul pertama kali ditemukan di dalam gua wisata di pulau flores. Secara umum perilaku dari jenis Ambliphigy ini adalah pemangsa.

Sumber : https://biotagua.org/2007/04/30/phrynus-exsul-laba-laba-amerika-dari-pulau-flores/

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *