KUPU-KUPU PASTUR” The Great Mormon “ (Papilio memnon)

Posted on Posted in IPB

Oleh : KPK Himakova

Kupu-kupu pastur merupakan kupu-kupu swallowtail (famili Papilionidae) dengan panjang sayap mencapai 135mm, merupakan kupu-kupu yang berasal dan umum di seluruh Asia Tenggara. Larva dari ulat ini memakan daun yang berasal dari spesies jeruk, khususnya pomelo (Citrus grandis) dan jeruk nipis( Citrus aurantifolia) yang secara luas dikembangkan diseluruh Asia. Imagonya menelurkan telur tunggal dibawah dedaunan, yang nantinya akan menetas dalam waktu 3 hari. Untuk pertama kali instar (ganti kulit), ulatnya memiliki rupa seperti kotoran burung. Proses menjadi kepompong berlangsung selama 2,5 minggu. Kupu-kupu ini mendiami daerah hutan yang telah dibuka dan area yang terganggu, memakan nectar dari banyak jumlah spesies bunga.

Gambar 1 1A) Larva Instar 5, 1B). prepupa, dan 1C). pupa Papilio demoleus
Gambar 1
1A) Larva Instar 5, 1B). prepupa, dan 1C). pupa Papilio demoleus

Telur berbentuk bola dengan warna kuning pucat. Telur  umumnya diletakkan pada permukaan daun, dengan diameter telur ratarata 1,3 ± 0 mm dan tinggi rata-rata 1 ± 0 mm. Larva instar 1 memiliki kepala yang berwarna coklat kekuningan. Tubuh berwarna  coklat, dengan bagian tubuh diatas  kepala dan ujung abdomen berwarna putih. Duri berwarna coklat muda. Tubuh memiliki bercak berwarna  putih  yang menyerong di  tengahnya. Larva instar 1 memiliki panjang tubuh rata-rata 3,95 ± 0,35 mm dengan diameter cangkang kepala rata-rata 1 ± 0  mm. Larva instar 2 memiliki kepala yang berwarna coklat kehitaman. Warna tubuh serupa dengan instar 1. Duri semakin memendek bahkan hampir tidak ada. Bagian atas kepala berwarna coklat kekuningan, sedangkan corak di tengah tubuh dan bagian ujung abdomen berwarna putih kekuningan. Larva instar 2 memiliki panjang tubuh rata-rata 8,1 ± 0,1 mm dengan diameter cangkang kepala  2,15 ± 0,05 mm.  Larva instar 3  memiliki kepala  yang  berwarna hijau tua, tubuh berwarna hijau gelap, duriduri tubuh menghilang, segmen tubuh terlihat lebih jelas, bercak putih pada tubuh semakin memudar, pada tubuh terlihat bintik-bintik kecil  berwarna biru. Larva instar 3 memiliki panjang tubuh rata-rata 12,3 ± 0,7 mm dengan diameter cangkang kepala 3,2 ± 0 mm. Kepala larva instar 4 berwarna hijau tua, tubuh berwarna hijau tua, tubuh seperti berlendir, corak  tubuh terlihat seperti cat yang memudar, bintik berwarna biru pada tubuh semakin terlihat jelas dan banyak. Larva instar 4 memiliki panjang tubuh rata-rata 25 ± 4 mm dengan diameter cangkang kepala 4 ± 0 mm. Larva instar 5 memiliki kepala yang berwarna hijau, pada segmen tubuh  di belakang kepala terdapat dua bintik hitam seperti mata. Tubuh berwarna hijau, bercak putih masih ada. Pada  bagian ujung abdomen terdapat dua corak berupa titik berwarna biru. Larva instar 5 memiliki panjang tubuh rata-rata 37,6 ± 5,6 mm dengan diameter cangkang kepala 4,8 ± 0 mm. Larva menjadi pupa dengan menggantungkan diri pada ranting tanaman. Pada saat prepupa  larva ditopang oleh sepasang benang sutra tipis yang berada diantara segmen kedua dan segmen ketiga dari tubuh. Panjang rata-rata prepupa 30,8 ± 0 mm. Pupa berwarna hijau. Panjang ratarata pupa 43,8 ± 0 mm.

Gambar 2. Papilio memnon (betina)
Gambar 2. Papilio memnon (betina)
Gambar 3. Papilio memnon (Jantan)
Gambar 3. Papilio memnon (Jantan)

Papilio memnon jantan memiliki warna dasar sayap bagian dorsal hitam dengan warna kebiruan pada bagian apical hingga tornus sayap belakang. Sayap bagian ventral memiliki warna dasar hitam dengan warna merah pada bagian basal. Terdapat bercak garis berwarna abu-abu pada bagian discal hingga submarginal sayap depan.  Pada bagian  submarginal dan marginal sayap belakang memiliki corak berwarna abu-abu dengan  bintik-bintik hitam pada bagian marginal.  Kupu-kupu  Papilio memnon jantan ini memiliki panjang antena 22,6 mm,panjang tubuh 33,6 mm, panjang sayap depan 62,7 mm dan panjang sayap belakang 39,6 mm.

Papilio memnon betina memiliki warna dasar hitam dengan bercak putih kekuningan pada bagian basal sayap depan, sayap belakang mamiliki warna dasar hitam dengan dihiasi warna biru keabu-abuan dan warna orange pada bagian dorsal dan tornus. Papilio memnon betina  memiliki panjang antena 22 mm, panjang tubuh 30 mm, panjang sayap depan 56,4 mm dan panjang sayap belakang 38,2 mm.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *