Kupu-kupu atau Ngengat?

Posted on Posted in IPB

Oleh : KPK Himakova

Gambar 2 Ngengat
Gambar 2 Ngengat
Gambar 1 Kupu-kupu
Gambar 1 Kupu-kupu

 

 

 

 

 

 

Kupu-kupu dan ngengat memang memiliki banyak kesamaan, bahkan banyak orang yang belum dapat membedakan kupu-kupu dan ngengat. Selain memiliki banyak kesamaan pasti kita ingin tahu apa perbedaan antara keduanya.

Ada lima perbedaan yang dapat diketahui antara kupu-kupu dan ngengat yaitu :

  • Antena

Kupu-kupu memiliki antena tipis berserabut ramping yang berbentuk bengkok atau klub/knot di bagian akhir. Sedangkan Ngengat memiliki antenna berbulu, berserabut serta menebal dan tidak memiliki knob seperti pada kupu-kupu.

  • Sayap

Kupu-kupu ketika sedang istirahat sayapnya akan menyebar kea rah atas atau posisi vertical terhadap tubuhnya serta memiliki sisik yang halus. Sedangkan ngengat ketika istirahat sayapnya akan diletakan secara horizontal atau menempel di atas maupun disekitar abdomen, serta memiliki sisik yang lebih padat dan halus. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan untuk ngengat yang menyerap panas selama musim dingin, sedangkan pada kupu-kupu untuk menyerap radiasi matahari.

Contoh gambar :

Gambar 4 Ngengat
Gambar 3 Ngengat
Gambar 3 Kupu-kupu
Gambar 4 Kupu-kupu
  • Pupa

Pupa atau yang sering disebut dengan kepompong pada kupu-kupu terbuka yang menggantung di ranting maupun kulit pohon. Sedangkan kepompong ngengat berputar dan terbuat dari sutera.

  • Abdomen

Kupu-kupu memiliki tubuh yang ramping dan umumnya memiliki abdomen yang halus. Sedangkan ngengat memiliki tubuh gemuk dan berbulu atau berbulu tampak.

  • Aktivitas (Waktu aktif)

Sebagian besar kupu-kupu aktif pada siang hari (diurnal). Sedangkan ngengat sebagian besar aktif paa malam hari (nocturnal) atau aktif selama senja.

 

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *