Kultur Jaringan – KPF

Posted on Posted in IPB

Oleh : KPF Himakova

Kuljar6

Sabtu (19/3/2016) Kelompok Pemerhati Flora (KPF) melakukan kegiatan kultur jaringan yang berlokasi di Esha Flora Taman Cimanggu Bogor. Kultur jaringan adalah suatu cara yang digunakan untuk memperbanyak tanaman dengan memanfaatkan totipotensi bagian terkecil yang dimiliki oleh tanaman itu sendiri. Proses kultur jaringan dilakukan dalam keadaan yang harus steril atau bersih untuk menghasilkan tanaman kultur yang baik dan dapat dikembangkan.

Kuljar2

Esha Flora merupakan suatu perusahaan yang dimiliki oleh Bapak Edhi Sandra dan Ibu Hapsiati yang bergerak pada bidang kultur jaringan. Kelompok Pemerhati Flora (KPF) melakukan kegiatan praktik pembuatan kultur jaringan dimulai dengan pembuatan media, inisiasi dan subkultur.

Kuljar4

Inisiasi adalah pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan dikulturkan. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk kegiatan kultur jaringan adalah tunas. Sedangkan subkultur adalah pemindahan eksplan ke media multiplikasi yang bertujuan untuk perbanyakan dan pengakaran. Jenis tanaman yang dilakukan pada proses subkultur antara lain : sengon, cendana india dan anggrek.

Kuljar5

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *