Kacamata Biasa, Si Kecil yang sedang Naik Daun

Posted on Posted in Burung, IPB, KPB (Kelompok Pemerhati Burung) "Prenjak"

Oleh: KPB Himakova

Burung Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus)
Gambar 1  Burung Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus)

Burung kacamata biasa (Zozterops palpebrosus) atau yang lebih dikenal sebagai burung Pleci merupakan salah satu burung dari famili zosteropidae. Burung yang memilki ciri khas bulatan putih disekitar mata yang menyerupai kacamata saat ini sedang menjadi komoditas utama pasar burung. Hampir di setiap toko/pedagang burung kita dapat menemukan burung imut berwarna hijau ini sedang dipajang untuk menarik minat pembeli. Burung yang berukuran sekitar 11 cm ini memang sudah lama di perjual belikan di pasar burung, namun baru-baru ini minat konsumen terhadap burung ini semakin meningkat. Peningkatan minat konsumen ini menjadikan burung perkicau ini sedang di buru. Penangkaran terhadap Kacamata biasa masih belum banyak dilakukan sehingga mau tidak mau penangkapan dari alamlah yang menjadi pilihan.

Gambar 2 Burung Kacamata biasa di pasar
Gambar 2 Burung Kacamata biasa di pasar

Selain lebih mudah mendapatkan dari alam dibandingkan dengan menangkarkan, kualitas yang didapatkan dari alampun lebih baik jika dibandingkan di penangkaran. Berdasarkan wawancara dengan beberapa pedagang burung yang ada di sekitar bogor yang juga pernah melakukan penangkaran terhadap burung ini ternyata malah mengalami kerugian. Kurangnya pengetahuan tentang teknologi penangkaran menjadi salah satu faktor utama gagalnya kegiatan penagkaran burung kacamata.

Saat ini jumlah burung kacamata dialam dapat dikatakan masih sangat melimpah. Burung ini dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar kita apabila kita cukup teliti mengingat ukurannya yang cukup kecil, warna yang seperti daun, dan gerakannya yang cukup lincah. Kepopuleran burung ini mungkin menjadi kabar baik bagi sebagaian orang, namun apabila penangkapan dari alam terus menerus dilakukan tidak menutup kemungkinan burung yang memilki satutus Least Concern (LC) dari IUCN Redlist ini akan menjadi status Endangered (EN).

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *