INDONESIA PERINGATI HARI BADAK DUNIA

Posted on Posted in Peringatan Hari Lingkungan

HARI BADAKSiapa yang tidak kenal dengan badak? Ya, hewan ini mudah dikenali dengan cula di hidungnya. Terdapat lima jenis badak di dunia, dan dua diantaranya ada di Indonesia, yaitu badak jawa (Rhinoceros sondaicus Desmarest 1822) dan badak sumatra (Dicerorhinus sumatrensis G. Fischer 1814). Mamalia besar ini terancam keberadaannya akibat perburuan liar serta penurunan kualitas dan kuantitas habitat asli mereka.

Badak Jawa merupakan identitas dari Taman Nasional Ujung Kulon. Merupakan salah satu satwa langka di dunia. Badak ini memiliki ciri bercula satu, dengan panjang cula hingga 27 cm, sedangkan betina tidak memiliki cula. Badak jawa menyukai tempat yang rimbun denan semak dan perdu yang rapat, serta menghindari kontak dengan manusia. Sehingga penelitian tentang badak sulit dilakukan, biasanya hanya melalui tempat kubangan dan kotoran mereka.

Jenis badak yang kedua adalah badak sumatra. Perbedaan dari badak jawa, badak sumatra memiliki dua cula di moncongnya, serta merupakan jenis badak terkecil dan paling primitif dibandingkan dengan lima jenis badak yang lain. Cula bagian depan (anterior) berukuran lebih besar dari cula bagian belakang (pasterior). Badak sumatra dapat ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Way Kambas, dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Menyukai hutan lebat, tempat yang cukup air, serta hutan sekunder.

Masih maraknya perburuan liar, pengalihan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan, serta perambahan hutan menjadi faktor yang mempengaruhi keberadaan badak di habitat aslinya. Penyadartahuan masyarakat serta partisipasi dari berbagai pihak diperlukan untuk menyelamatkan populasi badak jawa dan badak sumatra di Indonesia.

Upaya yang dapat dilakukan, yaitu meningkatkan penelitian mengenai badak jawa dan badak sumatra di habitat alaminya, baik itu mengenai jumlah populasi, habitat, maupun pakannya. Perlu adanya “rumah ke-2” bagi badak untuk mempertahankan keberadaaannya. Serta adanya peran pemerintah dalam membuat kebijakan mengenai konservasi badak di Indonesia. Untuk mendukung pemerintah maupun masyarakat dalam melindungi badak jawa dan sumatra, pada tahun 2010 WWF – Afrika Selatan menetapkan tanggal 22 September sebagai Hari Badak Internasional. Semoga dengan ini dapat meningkatkan kesadaran dari masyarakat dan pemerintah akan pentingnya keberadaan badak serta habitatnya di dunia.

Selamat Hari Badak Internasional

Referensi :

forumbadak.wordpress.com

www.wwf.or.id

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *