HARI ZEBRA INTERNASIONAL

Posted on Posted in IPB

zebra internasional

Hari Zebra Internasional jatuh pada tanggal 31 Januari setiap tahunnya. Tidak dapat diketahui secara pasti asal muasal diciptakannya satu hari khusus yang didedikasikan untuk mamalia ini. Namun, satu hal yang dapat dipastikan adalah satwa-satwa yang mendapatkan satu hari peringatan khusus untuk jenisnya disebabkan status konservasi jenisnya yang terancam punah.

Mamalia yang seringkali diidentikkan dengan padang rumput Afrika ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu zebra gunung (Equus zebra (Linnaeus, 1758)), zebra dataran (Equus quagga (Boddaert, 1785)), dan zebra primitif atau zebra Grevy (Equus grevyi (Oustalet, 1882)). Di antara ketiga jenis zebra ini, zebra primitif memiliki ukuran tubuh paling besar. Selain itu, zebra primitif memiliki ciri-ciri unik yang membedakannya dengan kedua jenis lainya salah satunya yaitu garis-garis tubuhnya yang terbagi secara merata dan tidak menutupi bagian perutnya serta hidungnya yang memiliki bercak berwarna cokelat (Rubenstein 2004). Zebra yang berada di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor adalah jenis zebra dataran.

Teka-teki fungsi adaptasi dari belang hitam dan putih pada tubuh zebra berhasil dipecahkan oleh hasil penelitian Caro et al. (2014) di mana keberadaan belang pada tubuh zebra berfungsi untuk menghindari gigitan lalat tse-tse yang menyebabkan penyakit tidur dan jenis-jenis lalat tabanid yang menyebabkan penyakit swamp fever. Namun, belang hitam dan putih yang indah menjadikan zebra rentan diburu untuk diambil kulitnya sebagai bahan pembuatan sandang dan aksesoris. Zebra Grevy dikategorikan sebagai jenis terancam punah atau Endangered dalam daftar merah IUCN (The International Union for Conservation of Nature). Populasi terbesar zebra Grevy berada di daerah Laipika, Kenya. Hasil penelitian (O’Brien et al. 2018) menunjukkan bahwa ancaman terbesar untuk pemulihan populasi zebra Grevy yang semakin terisolasi adalah degradasi habitat dan kompetisi pakan dengan hewan ternak penduduk.

Mari kita dukung konservasi zebra dan selamat Hari Zebra Internasional!

 

 

 

 

Sumber pustaka:

Caro T, Izzo A, Reiner RC Jr, Walker H, Stankowich T. 2014.  The function of zebra tripes. NATURE              COMMUNICATIONS. 5: 3535.

Rubenstein DI. 2004. Zebra Sociality: Different Stripes for Different Types. Oxford (UK): Balliol College.

O’Brien TG , Kinnaird MF, Ekwanga S, Wilmers C, Williams T, Oriol-Cotterill A, Rubenstein D, Frank LG. 2018. Resolving a conservation dilemma: vulnerable lions eating endangered zebras. PloS ONE [Internet]. [diunduh 2019 Jan 25]; 13 (8): e0201983. Tersedia pada: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0201983.

 

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *