IPB

Hari Zebra Internasional 2020

Selama ratusan tahun lamanya, garis-garis pada kulit zebra membuat banyak peneliti bertanya-tanya tentang fungsi dari garis hitam putih tersebut. Beberapa peneliti memiliki hipotesis bahwa fungsi dari garis-garis pada zebra adalah untuk kamuflase dengan lingkungan sekitar guna menghindari predator, mengatur panas tubuh, atau sebuah bentuk komunikasi antar individu. Namun, hasil penelitian oleh Caro et al. (2013) tidak menunjukkan  hal tersebut. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa garis setrip pada tubuh zebra berfungsi sebagai bentuk pencegahan dari gigitan serangga.

Faktanya, serangga cenderung menghindari benda dengan warna berbeda daripada benda dengan warna yang seragam. Serangga juga diketahui sebagai vektor dari beberapa penyakit menular. Dengan kata lain, garis belang pada zebra membuat mereka terlindung dari penyakit mematikan yang menular melalui gigitan serangga.

Lalat kuda Afrika lebih memilih hinggap di kuda berkulit polos dibanding hinggap di kuda yang dilapisi kain belang. Sekalinya ada, serangga tersebut hanya hinggap sebentar lalu berpindah ke kuda yang berkulit polos.

Hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi manusia untuk menghindari gigitan serangga.

 

Daftar Pustaka

Caro T, Izzo A, Reiner RC, Walker H, Stankowich T. 2013. The function of zebra stripes. Nature Communication. 5: 1-10.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *