BiodiversitasHerpetofaunaIPBPeringatan Hari Lingkungan

Hari Ular Sedunia

Ular merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang Maha Esa degan segala kelebihan dan kekurangannya. Ular termasuk kedalam hewan berdarah dingin dan sebagai predator untuk beberapa hewan-hewan kecil berupa mamalia kecil, burung , katak dan serangga. Sering kali, ular dipandang negatif di masyarakat baik itu dianggap sebagai pertanda buruk ataupun titisan makhluk halus dan tidak inginkan  keberadaannya. Namun, keberadaan ular memilki manfaat bagi kehidupan manusia  baik itu sebagai predator di alam dan penyeimbang ekosistem. Sebagian masyarakat  ada juga yang memanfaatkan ular sebagai peliharaan, obat dan lain sebagainya.

Tahukan kalian akan spesies ular yang berada di planet bumi ini ? menurut beberapa artikel menyebutkan ada lebih dari 35.000 jenis  ular yang hidup di planet ini. Banyaknya jenis tersebut dapat menggambarkan bahwa ular memilki peranan yang penting dalam keseimbangan rantai makan di bumi. Keragaman jenis tersebut ada dari jenis yang terkecil dan terpendek yaitu ular  cacing barbados (Leptotyphlops carlae) hingga terberat yaitu Anaconda hijau (Eunectes murinus) dan yang ter panjang yaitu ular sanca kembang (Python reticulatusI).

Tanggal 16 juli dunia memperingati perayaan “Hari Ular Sedunia”  dalam bentuk pameran ular, acara amal dan lain sebagainya oleh para pencinta binatang. Kegiatan tersebut sering dilakukan oleh negara – negara yang sudah maju dan memilki pandangan terhadap konservasi yag tinggi. Tujuan dari kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap ular yang sudah mengalami kepunahan di alam. Semoga dengan adanya peringatan ini dapat membantu dalam memperlambat laju kepunahan jenis-jenis di planet bumi kita ini dan menyadarkan masyarakat terhadap hidup yang berdampingan dengan alam.

 

Penulis: Galih M. Hasan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *