IPB

Hari Primata Indonesia

Setiap tanggal 30 Januari, di Indonesia diperingati menjadi Hari Primata Indonesia. Penetapan hari ini dilatarbelakangi keprihatinan akan maraknya perdaganagan satwa primata di Indonesia. Primata merupakan satwa yang masuk dalam ordo primates. Seuruh anggota dari ordo primates memiliki lima jari (pentadactyly).

Primata dibagi menjadi dua kelompok yaitu prosimian dan antropoid. Prosimian adalah kelompok primata sebelum kera sedangkan anthropoid adalah kelompok primata termasuk monyet dan kera. Kelompok prosimian, yang dianggap sebagai kelompok yang lebih primitif, terdiri dari lemur dan tarsius. Sementara antropoid dibagi lagi menjadi tiga kelompok, yakni monyet, kera, dan hominid.

Primata merupakan salah satu satwa penghuni hutan yang memiliki penting dalam kehidupan alam. Primata berperan sebagai peregenerasi karena primata sebagian besar memakan buah-buahan dan biji-bijian sehingga mereka dikatakan penting dalam penyebaran biji-bijian. Dari sekitar 195 jenis primata yang ada, 40 jenis yang ditemukan di Indonesia, dan 24 jenis diantaranya merupakan satwa endemik yang hidup di Indonesia (Fauzi et al. 2017). Sejumlah 32 jenis primata, dari 40 jenis yang ada di Indonesia telah tercatat dalam Red Data Book/IUCN. Dari jumlah itu, 2 jenis dikategorikan sangat kritis, 4 jenis genting/endangered, 7 jenis rentan, 10 jenis hampir terancam, 1 jenis bergantung upaya konservasi, dan 8 jenis tidak memiliki data yang cukup (Supriatna dan Wahyono 2000). Contoh dari primata yang masuk kategori sangat kritis menurut IUCN (2017) adalah orang utan kalimantan, orang utan sumatera, dan orang utan tapanuli.

 

Penulis: Silva Eka Putra Utama

 

Daftar Pustaka

Fauzi F, Rahmawati R, Sandan P. 2017. Estimation of population density and food sort of kelasi ( Presbytis rubicunda Muller 1838) in Nyaru Mentang arboretum of Palangkaraya. Jurnal Daun.  4(1) : 7-16.

 

Supriatna J, Wahyono EH. 2000. Panduan Lapangan Primata Indonesia. Jakarta (ID) : Yayasan Obor Indonesia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *