IPB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020

Oleh: Nabila FZ

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat untuk kita semua. Siapa yang menyangka virus yang muncul akhir tahun lalu di Wuhan berdampak besar di seluruh dunia?Manusia yang setiap hari nya beraktivitas kini harus berdiam di rumah agar dapat memutus rantai penyebaran virus. Tidak terhitung banyaknya kerugian yang disebabkan oleh pandemic Covid-19 dikarenakan roda ekonomi terpaksa berhenti dan tidak ada pemasukan untuk membiayai kehidupan. Dampak pandemic ini tidak hanya dirasakan oleh manusia, alam pun juga.

Setiap negara memiliki respon yang berbeda dalam menanggulangi kerugian ekonomi karena hilangnya mata pencahariaan. Di Inggris, misalnya, skema cuti pemerintah menjamin bahwa orang yang tidak dapat bekerja akan menerima 80% dari pendapatan mereka. Tetapi warga negara dari negara yang berpenghasilan rendah tidak cukup beruntung untuk mendapat dukungan seperti itu dari pemerintah mereka Pemanfaatan sumber daya alam seringkali menjadi satu-satunya jalan yang ditempuh untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Hewan liar, ikan, pohon apapun yang ditemukan di hutan yang dapat dijual untuk menyambung hidup (Gardner 2020).

Pada saat bencana perubahan iklim yang terjadi di Madagaskar, negara eksotis yang kaya akan lemur dan makhluk unik lainnya tetapi juga salah satu negara termiskin, memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup ketika kehilangan sumber pendapatan. Para petani pergi ke hutan untuk melakukan penebangan secara liar dan membakar sisanya. Sebagiannya lagi pergi ke pantai untuk menangkap ikan dengan menggunakan racun dikarenakan tidak memiliki keterampilan dan peralatan yang memadai (Gardner 2020). Dampak dari keserakahan ini dapat merusak keanekaragaman hayati. Pandemi Covid-19 menjadi ancaman yang lebih besar daripada perubahan iklim yang terjadi, sehingga tidak menutup kemungkinan kerusakan alam yang terjadi akan lebih luas.

Manusia yang hidup di Bumi memang tidak bisa lepas dari  tumbuhan, air, bahkan cuaca yang memberikan Bumi kehidupan. Manusia pun membutuhkan beragam macam tanaman dan udara bersih untuk dapat hidup dengan sehat. Mirisnya manusia pula yang sering menghancurkan alam dengan keserakahannya untuk memenuhi kebutuhan. Lantas, apa yang dapat kita perbuat untuk lingkungan kita?

 

Daftar pustaka:

Gardner C. 2020. Nature’s comeback? No, the coronavirus pandemic threatens the world’s wildlife. https://theconversation.com/natures-comeback-no-the-coronavirus-pandemic-threatens-the-worlds-wildlife-136209. Diakses pada 4 Juni 2020.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *