BiodiversitasIPBKonservasiPeringatan Hari Lingkungan

Hari Konservasi Ekosistem Mangrove Sedunia

Mangrove adalah ekosistem pembatas laut dan daratan yang langka, menakjubkan, dan subur. Ekosistem yang luar biasa ini berkontribusi dalam kesejahteraan, keamanan pangan, dan perlindungan komunitas pesisir di seluruh dunia. Mangrove mendukung ada nya keanekaragaman hayati yang kaya dan menyediakan habitat untuk peranakan berbagai macam ikan dan krustasea yang sangat berharga. Mangrove juga bertindak sebagai suatu bentuk pelindung alami pesisir dari badai, tsunami, peningkatan permukaan air laut, dan abrasi. Tanah mangrove sangat efektif sebagai penyerap karbon, mengambil karbon dalam jumlah yang sangat besar.

Namun, mangrove memiliki laju kehilangan luasan 3 hingga 5 kali lebih cepat daripada keseluruhan laju kehilangan hutan secara global, yang tentu saja berdampak  pada ekologi dan sosio-ekonomi. Perkiraan terkini mengindikasikan bahwa luasan mangrove hanya tersisa setengah dari 40 tahun silam.

Hari Konservasi Ekosistem Mangrove Internasional dimulai dari Konferensi Umum UNESCO 2015 dan diperingati setiap tahun pada tanggal 26 Juli dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan betapa penting nya mangrove sebagai ekosistem yang unik, spesial, dan rentan serta mempromosikan solusi untuk pengelolaan berkelanjutan, konservasi, dan pemanfaatan nya.

 

Diterjemahkan dan disunting oleh Andre Bonardo Yonatan Sitorus dari
https://en.unesco.org/commemorations/mangroveday
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *