HARI BAKTI RIMBAWAN KE-35

Posted on Posted in Himakova

HBR 6“Melalui Bakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat”

Selamat Hari Bakti Rimbawan ke-35 untuk seluruh civitas Kehutanan di seluruh pelosok negeri. Semenjak ditetapkannya Hari Bakti Rimbawan pada tanggal 16 Maret 1983 oleh Presiden Soeharto, diharapkan menjadi perubahan sistem otoritarian ke arah demokrasi terutama menjadi titik tolak perubahan disektor kehutanan sendiri. Presiden Soeharto dalam pidato pembentukan Kabinet Pembangunan IV menyampaikan perlunya pemecahan beberapa Departemen yang nantinya akan dikelola secara lebih intensif, termasuk di dalamnya Departemen Pertanian yang ketika itu masih membawahi sektor kehutanan. Sebuah cikal bakal terbentuknya Departemen Kehutanan yang hingga kini diperingati sebagai Hari Bakti Rimbawan.

Simbol seremonial ini dapat kita berikan untuk menghargai ibu pertiwi dan rimba raya kita atas jasa dan rahmat Tuhan yang diberikan untuk memenuhi  kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam memperingati Hari Bakhti Rimbawan kali ini, salah satunya adalah penanaman kembali Sembilan Nilai – Nilai dasar Rimbawan (Jujur, Tanggung jawab, ikhlas, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama, dan profesional) pada jiwa seorang Rimbawan. HIMAKOVA (Himpunan Mahasiswa Konseravasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata) yang juga merupakan Rimbawan Fakultas Kehutanan IPB, turut serta memperingati Hari Bakti Rimbawan dengan beberapa kegiatan yang merupakan pengimplementasian 9 Nilai Dasar Rimbawan.

Selasa, 13 Maret 2018, Pengurus HIMAKOVA turut melakukan Pembaharuan dan Perawatan Papan Interpretasi yang tersebar di berbagai lokasi di Kampus IPB Dramaga.  Selain itu, juga dilakukan perawatan Butterfly Feeding Site HIMAKOVA di Jl. Kamper dan di Jl. Meranti berupa penataan tanaman hias, batu mengasin, dan pemangkasan tanaman pengganggu. Sampai saat ini HIMAKOVA telah menanamkan 44 buah papan interpretasi yang menginformasikan mengenai keanekaragaman hayati serta pesan persuasif kepada civitas IPB dan masyarakat umum sehingga dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Papan yang diperbaharui stiker sebanyak 8 buah seperti Ulin, Ular Welang, Ular Picung, Ular Bajing, Betet biasa, Kongkang kolam, Buni, Meranti dan Kamper. Butterfly Feeding Site HIMAKOVA tersebar di Jl. Kamper dan Jl. Meranti. Perawatan yang dilakukan adalah penyiangan gulma atau tumbuhan yang tidak diinginkan sekaligus penggemburan tanah supaya Host Plant atau tumbuhan inang yang ditanam tidak terganggu pertumbuhannya. Salah satu tumbuhan inang yang ditanam di Butterfly Feeding Site adalah Sirih Hutan (Aristolochia tagala) yang merupakan Host Plant dari ulat Pachliopta aristolochiae dan Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum) yakni tumbuhan penghasil nektar sebagai pakan kupu-kupu. Selain melakukan penyiangan, dilakukan pula peletakan batu-batu koral yang berfungsi sebagai tempat kupu-kupu untuk melakukan perilaku puddling untuk menghisap air, sumber garam, untuk memenuhi kebutuhan mineral bagi kupu-kupu.

HBR 2Rabu, 13 Maret 2018 juga dilakukan pemeliharaan pohon HIMAKOVA berupa pendangiran, pemberian mulsa, pemangkasan, dan pemupukan. Pemeliharaan pohon ini dilakukan pada pohon HIMAKOVA sesuai nama jalan di Kampus IPB dan pada pohon HIMAKOVA di sebelah teaching laboratorium PPKU dengan sistem tumpangsari (campuran) jenis tanaman hutan. Berikut nama pohon HIMAKOVA yang dilakukan pemeliharaan dan jumlahnya yang tersebar sesuai nama jalan di Kampus IPB Dramaga :

  1. Pinus (Pinus merkusii)
  2. Meranti (Shorea leprosula)
  3. Ulin (Eusideroxylon zwageri)
  4. Kamper (Dryobalanops aromatica)

Kemudian, berikut nama pohon HIMAKOVA yang dilakukan pemeliharaan dan jumlahnya yang tersebar di sebelah Teaching Laboratorium PPKU:

  1. Jabon (Neolamarckia cadamba)
  2. Sukun (Artocarpus communis)
  3. Sengon (Paraserianthes falcataria)
  4. Kayu Afrika (Meisopsis eminii)
  5. Sungkai (Penorema canescens)
  6. Trembesi (Samanea saman)
  7. Jambu (Psidium gujava)
  8. Pulai (Alstonia scholaris)

Selain itu HIMAKOVA juga menanamkan pohon di areal lain di kampus IPB Dramaga seperti pohon Agathis (Agathis dammara) di Jl. Agathis, pohon Meranti (Shorea sp.) di Jl. Tanjung, dan sejumlah pohon lainnya di Arboretum Lanskap dan di Taman Konservasi yang ditanam secara tumpangsari (campuran). Mengingat Kampus IPB Dramaga yang menyandang Kampus Biodiversitas pertama di Indonesia, pohon yang ditanam oleh HIMAKOVA juga memperhatikan keanekaragaman spesiesnya dalam arti tidak sebatas untuk penghijauan semata. Begitu banyak dan beranekaragamnya pohon HIMAKOVA yang tersebar di seluruh lokasi di Kampus, merupakan sebuah tanggungjawab bagi anggota HIMAKOVA untuk dapat memastikan bibit yang ditanam dapat tumbuh menjadi individu dewasa.HBR 1

Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-35 ini hanya merupakan sebuah momen untuk dapat mengimplementasikan 9 Nilai Dasar Rimbawan sebagai bentuk rasa syukur kita atas rimba raya ibu pertiwi dari rahmatNya. Namun momen ini hanyalah sebuah momen seremonial, sehingga kegiatan yang bermanfaat ini dapat dilakukan menjadi sebuah rutinitas sebagai Rimbawan.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

4 thoughts on “HARI BAKTI RIMBAWAN KE-35

  1. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I’ll make sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *