Gelap Itu Indah – Pesona Gua dan Kawasan Karst

Posted on Posted in Goa, IPB, KPG (Kelompok Pemerhati Goa) "Hira"

Oleh : KPG Himakova

Banyak orang bilang bahwa Indonesia memiliki banyak tempat yang indah, baik masyarakat Indonesia itu sendiri maupun orang-orang mancanegara yang datang ke Indonesia untuk melihat langsung keindahannya. Tapi, menurut kami semua itu salah, karna sebenarnya hanya sedikit tempat indah di Indonesia, karna sisanya sangat indah!.

Karst1

Gambar 1  Kawasan karst

            Kawasan karst merupakan salah satu kawasan yang unik dan menyebar di pulau besar dan kecil di Indonesia. Sekitar 20% dari luas kawasan Indonesia merupakan kawasan karst. Kawasan karst merupakan kawasan yang terdiri dari batuan gamping yang mudah terlarut menyebabkan kawasan ini mempunya ekosistem yang unik, baik di permukaan kawasan karst maupun dibawah kawasan karst itu sendiri.

Gua1

Gambar 2  Gua

Gua merupakan salah satu ekosistem unik yang terbentuk dibawah permukaan kawasan karst. Perbedaan gua di kawasan karst dengan gua ditempat lainnya yaitu terdapatnya ornamen-ornamen yang indah pada gua kawasan karst seperti stalaktit, stalakmit, gourdam, sodastrow, fishbone serta ornamen lainnya. Sehingga, ornamen-ornamen tersebut menyajikan pemandangan yang begitu indah didalam kegelapan. Bahkan, beberapa gua terdapat air terjun yang menyajikan pemandangan sangat indah. Tidak hanya itu, gua memilik fauna-fauna yang unik seperti ikan transparan, kelalawar, siput, dan beberapa fauna unik lainnya.

Susur gua menyajikan pengalaman yang menantang dan menyenangkan bagi penggiatnya maupun bagi orang awam. Beberapa kegiatan gua bagi peminat khusus yang menyajikan kegiatan seperti merunduk, jongkok, merangkak, hingga berenang member kesenangan sendiri untuk penggiat gua serta bagi gua vertikal yang membutuhkan keterampilan tambahan yaitu dengan menggunakan teknik single rope technic (SRT). Namun, bagi kamu yang sebelumnya belum memiliki pengalaman susur gua tidak perlu khawatir untuk mulai mencobanya, mulailah dari gua horizontal. Siapkan ransel dan nyalakan sentermu! Salam gelap itu indah!

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *