Frankixalus jerdonii – Satu Abad Punah, Kini Ditemukan

Posted on Posted in IPB

Oleh : KPH Himakova

Ktk2Tahukah kamu, selama hampir 150 tahun katak Frankixalus jerdonii telah dinyatakan hil ang atau punah ? Namun, setelah pencarian selama kurang lebih 3 tahun yang dimulai sejak tahun 2007 yang dilakukan oleh seorang ahli biologi asal inggris Thomas Jordon dan timnya menemukan kembali katak ini di wilayah Darjeeling bagian timur laut India. Katak ini terkhir terlihat di alam liar sekitar tahun 1870an sebelum akhirnya dinyatak hilang atau punah.

Katak ini memiliki panjang tubuh keseluruhan 20 inchi (50 cm). Betina dari jenis katak ini meletakkan telurnya di dalam lubang pohon atau cekungan pohon yang terdapat genangan air hingga menetas menjadi berudu. Sedangkan, katak betina akan tinggal disekitar lubang tersebut untuk menjaga telurnya. Setelah berudu tersebut menetas akan jatuh kedalam air dan katak betina akan memberi makan berdudu tersebut hingga ia berubah menjadi katak muda.
Ktk1

Para ilmuwan menduga bahwa sebagian dari katak tersebut saling berbagi lubang atau cekungan pohon untuk menjaga telurnya agar kebutuhan makan anak-anaknya dapat terpenuhi. Namun, hal ini masih diragukan dan masih membutuhkan persetujuan dari peneliti.

Sumber : nationalgeographic.co.id

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *