FOTOGRAFI GUA (CAVING PHOTOGRAPHY)

Posted on Posted in Goa

FOTOGRAFI GUAGua adalah ruang bawah tanah alami yang cukup besar bagi manusia. Gua merupakan rongga alami yang memiliki keadaan yang gelap serta lembab. Oleh karena itu, memotret di dalam gua harus mempunyai kemampuan dan sering latihan. Memotret di dalam gua membutuhkan cahaya yang optimal. Meskipun diberi cahaya, pencahayaan di gua masih termasuk gelap. Maka dari itu, membutuhkan setting dan peralatan foto yang memadai. Idealnya kita membutuhkan tripod supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi jika tripod tidak memungkinkan atau terlalu merepotkan, setting yang saya usulkan yaitu mengunakan ISO yang agak tinggi untuk mencegah shutter speed terlalu lambat. Berikut beberapa tips memotret di dalam gua:

  1. Pilih objek foto yang menarik
  2. Gunakan tripod jika ingin menghasilkan hasil yang maksimal
  3. Cahaya akan sangat dibutuhkan dalam proses foto di dalam gua, maka dari itu membutuhkan senter/headlampyang terang serta flash eksternal bila diperlukan
  4. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan lensa yang bukaan lebar

Objek dalam fotografi gua diantaranya bentukan ornamen gua, biota gua serta momen di dalam gua. Kamera yang digunakan harus dijaga dengan baik agar mengurangi kerusakan ,seperti terjatuh ataupun terkena air.

Bagi fotografer dalam gua, ISO sangat penting untuk diperhatikan, karena jika menggunakan ISO yang terlalu tinggi akan menimbulkan noise pada hasil foto tersebut. Selain ISO, terdapat bukaan lensa dan juga shutter speed yang harus diatur agar menghasilkan foto yang menarik.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *