Ficus benjamina L. Pohon Pencekik Inang

Posted on Posted in Flora, KPF (Kelompok Pemerhati Flora) "Rafflesia"

Oleh: KPF Himakova

BRGN1Pohon pencekik (strangler tree) ini bernama lokal beringin, waringin, caringin (Sunda) atau ringin (Jawa). Beringin (Ficus benjamina L.) adalah pohon yang memulai hidupnya sebagai sepifit ketika bijinya bersemai di celah atau retakan pohon induknya. Biji beringin disebarkan oleh burung pemakan buah. Bijinya tumbuh dan menurunkan akarnya ke tanah dan dapat menyelubungi sebagian pohon inang atau struktur bangunan dengan akarnya. Pada tahap itu beringin hidup sebagai epifit, hanya sekedar menempel untuk mencari makan. Lama kelamaan, akar beringin makin kuat dan batangnya makin besar. Pada tahap selanjutnya, batang beringin akan mencengkeram erat pohon induknya sedemikian rupa membuat pohon induk tidak dapat tumbuh dengan normal karena tidak punya ruang gerak lagi. Pada tahap akhir, pohon induk akan mati dengan sendirinya, sedangkan beringin yang tadinya menumpang menjadi hidup kokoh dan kuat.

BRGN2Pohon beringin bisa memiliki diameter 2 m lebih dan tingginya bisa mencapai 25 m. Batang tegak bulat, permukaan
kasar, coklat kehitaman, keluar akar menggantung dari batang. Daun tunggal, lonjong dan berwarna hijau, panjang daunnya 3-6 cm memiliki tepi rata dan letaknya bersilang berhadapan. Memiliki bunga tunggal yang keluar dari ketiak daun, kelopak berbentuk corong dan bunga berwarna kuning kehijauan. Buahnya buni, bulat kecil yang memiliki panjang 0.5-1 cm, memiliki struktur buah yang unik dan tergantung pada ngengat Ficus untuk reproduksinya. cara memperbanyak menggunakan biji, memiliki akar gantung untuk menyerap udara, daunnya banyak untuk memperbanyak fotosintesis dan memiliki akar yang kuat untuk menopang tubuhnya.

Persebaran Ficus benjamina L. meliputi pulau Jawa dan pulau Sumatera. Di kampus Institut Pertanian Bogor sendiri terdapat beringin jenis ini yang akarnya mencekik tumbuhan inangnya dan tumbuhan inangnya hampir tidak terlihat. Tepatnya di samping jalan depan masjid Al-Huriyyah IPB.

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *