Fauna di Ekosistem Gua

Posted on Posted in IPB

Oleh : KPG Himakova

Gua merupakan lubang yang bisa dimasuki oleh manusia. Gua pada kawasan karst merupakan gua yang unik dibandingkan dengan gua pada kawasan lainnya. Kawasan karst terdiri dari batuan karbonat, lalu karena adanya proses karstifikasi (pelarutan) menyebabkan terbentuknya gua-gua karst yang menyebabkan terbentuknya gua-gua karst. Gua yang memiliki ekosistem unik ini terdapat fauna-fauna yang unik didalamnya. Berdasarkan tingkat adaptasi didalam gua, fauna gua dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu trogloxones, troglophiles dan troglobites.

Trogloxenes merupakan kelompok dari fauna yang menggunakan gua sebagai tempat tinggalnya namun hidupnya secara periodik masih tergantung pada lingkungan luar gua terutama untuk mencari pakan. Fauna-fauna yang termasuk dalam kelompok ini yaitu, kelalawar, walet, sriti dan mamalia lain yang memanfaatkan sekitar mulut gua sebagai tempat tinggalnya.

KPG1

Troglophiles  merupakan kelompok fauna yang seluruh daur hidupnya di dalam gua namun kelompok ini juga dapat hidup di luar gua. Fauna pada kelompok ini pun biasanya mengalami buta sebagian. Salah satu fauna yang termasuk dalam kelompok ini yaitu amblypygi.

KPG2

Troglobites merupakan kelompok fauna yang seluruh daur hidupnya berlangsung didalam gua dan jenis-jenis seperti ini tidak ditemukan di luar gua. Kelompok fauna ini sudah mengalami proses adaptasi dan evolusi yang begitu panjang karena untuk dapat hidup bergantung dengan lingkungan gua. Fauna pada kelompok ini biasanya telah mengalami kebutaan total dan tidak berpigmen. Fauna yang masuk dalam kelompok ini diantaranya, udang gua akuatik Cibinong, kepiting gua Gunung Sewu, isopoda gua Gunung Sewu, dan masih banyak jenis lainnya.

KPG3

Gua sebagai ekosistem terbuka atau dengan kata lain ekosistem yang peka terhadap perubahan lingkungan luar menyebabkan perlunya perlindungan kawasan di luar gua untuk menjaga kelestarian di dalam gua tersebut termasuk fauna-fauna yang ada di dalamnya.

Salam Lestari!

Sumber gambar : triptus.com ; arachnipedia.wikia.com ; biotagua.org

FacebookTwitterGoogle+LineGoogle GmailShare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *